Mohon tunggu...
Yayuk Sulistiyowati M.V.
Yayuk Sulistiyowati M.V. Mohon Tunggu... Guru - Pembalap Baru

SOLI DEO GLORIA

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Menyusuri Sejarah Rumah Sakit Lavalette yang Konon Terkenal Mistis

8 Desember 2023   08:40 Diperbarui: 9 Desember 2023   07:15 729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya terlahir di daerah perkampungan Rampal Bunul (sekarang Jalan Hamid Rusdi). Meskipun demikian, area tempat tinggal saya termasuk area perkotaan yang dekat dengan berbagai tempat vital seperti sekolah, komplek perumahan tentara Angkatan Darat, pasar dan juga rumah sakit.

Banyak kisah menarik di balik tempat-tempat di kawasan ini. Seperti dalam ulasan tentang kelurahan Bunulrejo (nama keluarahan tempat tinggal saya) yang mempunyai keterkaitan dengan sejarah taman dan telaga di masa silam; masa Kerajaan Medang (Mataram Kuno).

Baca juga: Mpu Bulul Ksatria Mandra Guna di Balik Cikal Bakal Kelurahan Bunulrejo Kota Malang

Kali ini saya ingin menceritakan tentang rumah sakit yang berusia lebih dari satu abad dan hanya berjarak kurang lebih 500 meter dari tempat tinggal saya bernama Rumah Sakit Lavalette. Bagi warga Malang, rumah sakit tertua ini sudah tidak asing lagi.

Konon, rumah sakit yang berdiri di era kolonial Belanda ini terkenal dengan kisah mistis yang beredar di masyarakat. Mitos atau fakta? Yuk kita telusuri...

Lavalette Kliniek yang berdiri tahun 1918 yang menjadi milik penerintahan Hindia Belanda pada waktu itu | Foto : lavalette1918.blogspot.com
Lavalette Kliniek yang berdiri tahun 1918 yang menjadi milik penerintahan Hindia Belanda pada waktu itu | Foto : lavalette1918.blogspot.com

Kisah Mistis

Jika dilihat dari luar, bangunannya memang tampak sebagai bangunan lama di area yang sangat luas. Bangunannya selalu diperbaharui setiap kurun waktu tertentu. Kini lebih tampak modern dan tak terkesan wingit atau angker seperti jauh sebelum-sebelumnya.

Sejak saya masih kecil cerita mistis dari rumah sakit ini banyak beredar di kalangan masyarakat. Masa-masa SMP, saya sangat akrab dengan suasana rumah sakit ini karena saya bersekolah di SMP Negeri 5, tepat di sebelah rumah sakit Lavalette.

Kelas-kelas kami bersebelahan persis dengan rumah sakit, bahkan dengan ruang jenazah. Antara rumah sakit dengan kelas-kelas sepanjang sisi kanan bangunan sekolah dibatasi taman rumput kurang lebih selebar 1,5 meter dengan tembok tumah sakit yang sangat tinggi. Pada waktu itu, meski samar-samar sering terdengar sirine ambulance dari ruang kelas kami.

Taman dalam komplek RS Lavalette | Foto : Google @dhikablitar - 2020
Taman dalam komplek RS Lavalette | Foto : Google @dhikablitar - 2020

Pernah beberapa teman saya sering kesurupan ketika kelas sore, namun tak pernah terbersit dalam pikiran saya jika semua ini ada hubungannya dengan ke'angker'an rumah sakit Lavalette ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun