Mohon tunggu...
Yuyun HATika
Yuyun HATika Mohon Tunggu... Yuyun

This is me yuyun

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pencegahan Dan Pengobatan Hipertensi (HT) Dan Diabetes Mellitus (DM)

19 April 2021   23:19 Diperbarui: 20 April 2021   05:50 33 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pencegahan Dan Pengobatan Hipertensi (HT) Dan Diabetes Mellitus (DM)
Deteksi dini penyakit HT dan DM pasa lansia

Deteksi dini penyakit HT dan DM pasa lansia
Deteksi dini penyakit HT dan DM pasa lansia
Dewasa ini, hipertensi dan DM prevalensinya semakin bertambah. Penyakit ini merupakan penyakit tidak menular yang berbahaya. Tahukah kamu apa itu hipertensi? Ya, hipertensi adalah keadaan dimana tekanan darah lebih tinggi dari batas normal yakni diatas 130/80 mmgh atau lebih. 

Berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan bersama kader lansia, kelompok kami mendapatkan data sekitar 20 lansia di Dusun Manggisari menderita hipertensi. Oleh karena itu kami melakukan kegiatan yang bertujuan memberikan pemahaman kepada kader dan lansia penderita hipertensi tentang cara atau mekanisme pencegahan bagi yang belum menderita dan pengobatan hipertensi.

Pada kegiatan ini, mahasiswa PMM UMM memberikan penjelasan tentang apa itu hipertensi, faktor-faktor yang menyebabkan terkena hipertensi, gejala dan tanda, sampai dengan penjelasan tentang makanan yang harus dan tidak harus dikonsumsi. Pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini berjalan dengan sangat lancar, hal ini dikarenakan antusias dan partisipasi kader dan lansia yang cukup  tinggi. Para lansia aktif menyampaikan keluh kesah ketika terkena hipertensi. 

"Biasanya yang saya rasakan ketika terkena tekanan darah saya tinggi adalah pusing dan sakit kepala" ujar salah satu lansia. Kader pun juga ikut aktif dalam kegiatan tersebut, mereka memberikan pertanyaan seputar hipertensi kemudian dijawab oleh mahasiswa PMM UMM. Terakhir dilakulan pengecekan tekanan darah oleh mahasiswa kepada lansia sekaligus kader lansia.

Mahasiswa PMM UMM kelompok 30 gelombang 1 2021 juga melaksanakan kepada lansia penderita hipertensi dan diabetes melitus. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada keluarga maupun lansia penderita hipertensi dan diabetes melitus agar dapat mengurangi atau mencegah penyakit tersebut. Seperti yang kita ketahui penyakin hipertensi dan diabetes melitus adalah penyakit menahun dan tidak menular yang biasa diderita oleh lansia. Tapi juga tidak menutup kemungkinan individu yang belum memasuki lanjut usia bisa saja terkena hipertensi maupun diabetes melitus. 

Hal ini bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji. Keluarga dan lansia diberikan pemahaman mengenai apa itu hipertensi dan DM, faktor yang menyebabkan terjadinya penyakit tersebut, tanda dan gejala, serta penjelasan mengenai makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Pada lansia penderita hipertensi dilakukan cek tekanan darah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh mahasiswa PMM UMM. Pada lansia penderita diabetes melitus juga diberikan pemaparan materi oleh mahasiswa PMM UMM, dan pada akhir kegiatan lansia diberikan tutorial atau pengajaran mengenai senam diabetes melitus yang bisa dilakukan setiap hari agar dapat mengurangi atau mengobati penyakit tersebut

Pelaksanaan penyuluhan pada lansia management penderita HT dan DM
Pelaksanaan penyuluhan pada lansia management penderita HT dan DM
.

VIDEO PILIHAN