Mohon tunggu...
Yuyun IqmatulAmalia
Yuyun IqmatulAmalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Yuyun Iqmatul Amalia

Hai welcome to my blog.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Pulkam UM Berkreasi Ciptakan Media Pembelajaran untuk Adik-adik KB di Desa Ngembat

26 Juli 2021   10:32 Diperbarui: 26 Juli 2021   11:00 56 1 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa KKN Pulkam UM Berkreasi Ciptakan Media Pembelajaran Untuk Adik-adik KB di Dusun Blentreng Desa Ngembat Gondang Mojokerto

 

Mahasiswa KKN Pulkam dari Universitas Negeri Malang lagi-lagi berkreasi di masa pandemic, Mereka membuat beberapa media pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik adik-adik yang sedang mengenyam pendidikan di Kelompok Bermain, Kegiatan ini diawali dengan mengumpulkan alat dan bahan seperti bola, kardus, lem tembak, gelas plastik, spidol, kuas, cat air dan masih banyak lagi. Setelah seluruh alat dan bahan terkumpul mereka membuat media pembelajarannya. 

 

Dokpri
Dokpri

Media pembelajaran yang pertama adalah papan berhitung. Media ini dimainkan oleh dua anak, cara bermainnya adalah melemparkan dadu secara bergantian. Setiap anak akan diberikan kesempatan untuk melemparkan dadu kemudian angka yang muncul akan ditunjukkan dalam bola-bola yang ada di papan. 

Sebagai contoh ketika anak 1 melemparkan dadu lalu muncul angka 3, maka anak tersebut harus menunjuk angka yang sama dalam bola-bola yang telah ditempel di papan berhitung. Media ini bermanfaat untuk menumbuhkan semangat anak-anak dalam belajar berhitung dengan permainan yang menarik.

Media pembelajaran yang kedua adalah rumah edukasi. Dalam permainan rumah edukasi ini ada beberapa permainan yang dapat dilakukan antara lain mengenal buah-buahan dan sayur-sayuran, mengenal angka, mengenal huruf dan mengenal bangun datar. Rumah edukasi ini dapat dimainkan lebih dari 2 anak karena media yang cukup besar serta terdapat permainan yang cukup banyak. 

Cara bermainnya yaitu dalam mengenal buah-buahan dan sayur-sayuran, anak-anak diberikan pilihan beberapa gambar yang telah ditempelkan di halaman rumahnya lalu ada beberapa stik yang telah diberikan tulisan nama dari sayur dan buah sehingga anak-anak akan menancapkan stik yang telah tertulis nama sayur dan buahnya ke sebelah gambar dengan tepat. 

Kemudian untuk permainan mengenal angka, huruf dan bangun datar, cara bermainnya cukup mudah yaitu dengan menempelkan pasangan yang sama disetiap sisi bangunan rumah. 

Namun untuk permainan mengenal huruf memiliki dua macam yaitu dengan menempelkan pasangan yg sama dan juga dipagarnya telah diberikan beberapa stik yg ditempel keterangan huruf A-Z. Manfaat dari media ini adalah untuk memberikan pembelajaran menarik dalam mengenal sayuran, buah-buahan, huruf, angka dan bangun datar dengan metode belajar sambil bermain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x