Mohon tunggu...
Yusuf CeKa
Yusuf CeKa Mohon Tunggu...

Ghost writer, blogger, trainer, dan web developer pada wiraidenesia.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Taman Kolam Ikan Hias dengan Tanaman Pilihan

26 Mei 2015   01:15 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:36 530 1 0 Mohon Tunggu...

Membuat taman kolam ikan hias di sekitar rumah merupakan dambaan banyak orang. Keberadaan kolam semacam ini bukan saja mencptakan lingkungan yang lebih alami dan asri namun juga memberikan prestise tersendiri. Dan untuk membuatnya anda tak perlu menggunakan jasa kontraktor karena anda bisa membuatnya sendiri sesuai keinginan anda.

Salah satu bagian penting dalam pembuatan taman kolam adalah pemilihan tanaman yang tepat. Hal ini tentunya akan sangat mendukung terciptanya sebuah taman air dengan oasis yang indah. Karena itu rencanakan dengan baik jenis dan bentuk tanaman yang akan mengisi taman anda. Untuk jenis ikan kolam anda bisa membeli bibit ikan murah di berbagai toko penjual ikan.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih tanaman untuk kolam ikan anda sebaiknya bukan hanya didasarkan pada keindahan bentuknya. Sebab, fungsi utama tanaman di taman adalah fungsi biologisnya dalam mendukung lingkungan yang asri dan alami.

Selain itu perhatikan pula untuk memberikan perhatian terhadap areal maupun iklim di lingkungan rumah anda. Apalagi beberapa jenis tanaman hanya bisa bertahan dalam kondisi tertentu, sehingga akan lebih bijak jika anda melakukan penelitian sebelum memutuskan. Diantaranya anda bisa datang ke penjual tanaman dan meminta pendapat jenis tanaman yang tepat untuk taman kolam ikan anda.

Berikut ini beberap aalternatif jenis tanaman yang bisa anda pilih untuk menghiasai taman kolam ikan koi anda.

1. Tanaman Teratai

Tanaman teratai cukup popular sebagai tanaman yang banyak menghiasi taman kolam, khususnya kolam ikan koi. Selain cocok untuk iklim tropis, tanaman jenis ini juga memiliki bentuk yang sangat indah sehingga cocok sebagai pilihan untuk kolam anda.

Untuk pertumbuhannya, tanaman teratai atau lotus membutuhkan tanah untuk menopang batangnya dan sinar matahari yang cukup. Karena itu jika anda memilih tanaman ini untuk taman kolam anda sebiaknya anda memperhatikan lokasi dan posisi kolam terhadap arah matahari. Taman ini kurang coock untuk kolam di dalam ruangan yang tertutup dari cahaya matahari.

2. Tanaman Enceng Gondok

Jenis tanaman ini mungkin cocok untuk anda yang terlalu sibuk dan tidak ribet daam soal perawatannya. Sebab tanaman enceng gondok relatif mampu tumbuh dalam kondisi apapun. Anda pun tidak perlu menanamnya di dalam tanah dasar kolam melainkan cukup menjatuhkannya di atas permukaan air kolam. Popularitas tanaman ini memang karena kesederhanannya dan daya tahannya untuk tumbuh.

Sebaliknya, tanaman inijuga bersifat invasif yang dapat menutupi seluruh kolam jika tidak dilakukan pemangkasan secara rutin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN