Mohon tunggu...
Yusuf Bimanggala 1801113142
Yusuf Bimanggala 1801113142 Mohon Tunggu... Lainnya - Akun mahasiswa

Yusuf bimanggala 1801113142.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Aku dan Kampus

23 Februari 2021   20:33 Diperbarui: 23 Februari 2021   20:44 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

 Mesin motor mulai mengisi ruang telinga ku, ya ini pagi yang fana. Pagi ni aku harus bergegas ke kampus karna hari ini adalah hari pertamaku melakukan kegiatan kampus. Perkenalkan aku bima ya nama aku begitu panjang jadi kalian bisa panggil aku bima. Aku mahasiswa sosiologi fakultas ilmu sosial dan politik universitas riau. Apa kalian tau universitas riau dimana? Itu terletak di ibu kota riau yaitu pekan baru di kecamatan tampan. Kecamatannya saja tampan apa lagi orangnya hehe.
Ini kisah aku dan kampus ku, eh iya aku angkatan 2018 jadi pengalaman ini sudah begitu lama untuk di angkat di cerita ini.
Lanjut di pagi yang fana tadi. Hari dimana salah satu kegiatan kampus berupa ospek yang dalam bahasa kampus itu adalah pkkmb. Disini kita akan di perkenalkan dengan kegiatan kampus, Organisasi kampus, struktur kampus dan lain lainya. Hari pertama kegiatan ini begitu banyak mahasiswa baru yang antusias mengikutinya. Namun di saat itu aku salah satu mahasiswa baru yang cukup tidak menaati peraturan, ya atribut ospek tidak ada aku kenakan seperti gesper, name tag, dan pita. Namun senior aku pada saat itu mereka sangat baik. Mereka memberi aku keringanan dan memberi aku name tag baru dengan tulisan "terlambat".
Hari pertama pkkmb itu kita di kumpulkan di bawah terik matahari. Kalian tu panas pekan baru? Yah kami rasakan di tumpukan mahasiswa baru di tengah lapang.
Lalu kami diajak ke sebuah ruangan yang di sebut auditorium. Disana semua mahasiswa baru dari 7 jurusan di satukan, mulailah awal perkenalan kampus. Berbagai sambutan baik dari dekan, wakil dekan, gubenur, wagub, dan banyak lagi.
Suasana sempit namun tidak pengap ya karna ruangan itu full A C. Sorakan yel yel setiap saat. Pkkmb pertama hanya perkenalan sedikit dari pihak fakultas.
Pada pkkmb hari kedua dimana kita di kumpulkan lagi di ruangan yg sama. Namun kali ini kita di beri materi atau pengetahuan seputar organisasi yg ada di fisip tersebut.
Seperti hari sebelumnya sorakan yel yel selalu ada sampai kami antar jurusan pun saling merespon yel yel masing masing dengan membalas yel yel lawan.
Mungkin maba 2020 tidak merasakan ini ya hehe.
Pada hari ke 3 pkkmb kita mengikuti berbagai macam lomba, udah kayak 17 agustusan aja haha.
Pada saat itu aku memenangkan juara 3 lomba kaligrafi, itu doang sih gak lebih. Lalu banyak lagii lomba antar jurusan yang asik dan rame. Pada penghujung waktu kami ngadakan seperti ya color run gitu tapi tidak run cuma colornya aja haha. Kemeriahan disana sini .
Mungkin itu sekilas tentang awal aku kuliah dengan kegiatan pkkmb.
Oh iya bagi yg belum tau apa itu kuliah dan kampus aku beri tau deh. Kuliah itu merupakan suatu aktifitas dimana kita menuju jenjang tingkat pendidikan yg lebih tinggi sehingga dari siswa menjadi mahasiswa dan kuliah merupakan tempat kita menentukan, mengasah dan menambah wawasan untuk masa depan kita.
Sedangkan kampus adalah tepat dimana semua itu terjadi, kegiatan, organisasi, pengalaman, wawasan. Semuanya sudah ada di dalamnya.
Tiba waktunya pemilihan mata kuliah. Oh iya mata kuliah ini sama halnya dengan mata pelajaran di sekolah.
Namun bedanya mata kuliah di perkuliahan ini menggunakan sistem memilih bukan seperti di sma yang sudah di tentukan. Hal ini juga menjadi ajang perebutan kelas antaran teman mau kelas A atau B. Padahal sih sama ajs kelasnya mau A atau B kan dosen yg mengajar juga itu itu aja.
Mulai lah awal perkuliahan, sama seperti SMA dulu awal perkuliahan ini adalah perkenalan. Selama seminggu hanya perkenalan, namun ada yang membedakan yaitu kita di perkenalkan kontrak kuliah. Kontrak kuliah itu sendiri adalah sistem yang mengatur tata cara belajar dalam kelas yang di buat oleh dosen maupun kesepakatan bersama.
Hari pertama kuliah aku di kampus itu rasanya lumayan sih. Seperti di SMA datang duduk lalu pulang. Tapi kali ini tidak pulang, main dengan teman teman di kampus lebih asik. Dapat teman baru yang beragam. Ya seperti itulah awal kuliah.
Pada pertengahan semester satu mulailah banyak kegiatan dari organisasi jurusan. Karena jurusan sosiologi jadi organisasinya itu bernama IMS dalam kampus organisasi di sebut HMJ atau himpunan mahasiswa.
Oh iyaa pertama itu kegiatan pkkmb tadi. Lalu ini adalah kegiatan getring. Kegiatan ini seperti kita itu di ajak keliling universitas. Lumayan mengasikan karna membuat kita semakin dekat dengan senior dan teman angkatan.
Begitu banyak kegiatan ims ini yang mengasikan. Namun begitu banyaknya kegiatan ini membuat aku harus bisa membagi waktu, karna tugas dan kelas pun mengiringi kegiatan kegiatan kampus. Aku sudah terlalu asik dengan kegiatan non akademis membuat aku melalaikan mata pelajaran.
Pada waktu itu akun sedang mengikuti tim aktif atau tim magang di ims. Membuat aku ikutan sibuk di organisasi. Ada satu kegiatan yg sangat tak terlupakan. Yaitu KBM, kbm itu adalah kegiatan kemah bakti mahasiswa. Dimana kegiatan ini kita akan pergi ke suatu daerah sesuai judulnya kita mengadakan kemah bakti dengan satu jurusan. Yg di datangi oleh dosen, senior, alumni dan tamu jurusan lain. Kita berkemah selama 3 hari 2 malam. Banyak aktifitas dan kegiatan saat itu. Dan itu tidak terlupakan.
Di kampus kalian akan tau apa itu aksi dan demo, dan aku pun sering mengikuti itu. Demo pertama yg aku ikuti itu ketika mempertahankan tanah sengketa unri. Hanya mahasiswa unri yang turun kejalanan dan bisa sampai di halaman kantor gubenur, memang sih aku tidak tau apa yg di bahas waktu demo. Yang aku suka cuma konvoi nya saja. Namun demo inti tidak memicu aksi anarkis atau perlawanan. Semunya berjalan degan lancar.
Dan aksi yg aku lakukan selanjutnya yaitu aksi yg baru baru ini. Yaitu demo RUU cipta kerja. Mungkin ini aksi yang pertama aku ikuti dengan penuh perlawanan dan banyak kejadian anarkis. Demo ini berlangsung di seluruh indonesia.
Mari kita pulang ke kampus lagi. Pada semester 3 aku pun mengikuti kepengurusan hmj ims. Aku menjadi pengurus ims di bidang kwu, ims memiliki 7 bidang yaitu, sosial, organisasi, lidbang, infokom, advokasi, kwu, dan mbk. Kenapa aku memilih Kwu, karena bidang ims itu merupakan tempat kita bisa mengasah minat bakat kita. Kita bisa saling berbagi satu sama lain.
Karena mengikuti kepengurusan, kegiatan ku makin bertambah. Pengalaman aku didalam berorganisasi pun bertambah. Namun ada yang membuat aku resah, yaitu kelas dan waktu. Aku masih belum bisa menghendel kegiatan dan tugas. Membuat aku selalu terdesak oleh tugas. Tapi Allhamdulillah nilai aku tidak begitu buruk.
Oh iya bagi menurut kalian kuliah itu enak? Memang sih kuliah itu menyenangkan, teman dimana mana, kita bebas dari pantauan orang tua, kita bisa santai. Tapi itu semua hanya di pikiran orang kiri. Sebenarnya kuliah itu menyusahkan. Kita di tuntut harus ber etika baik. Tugas dimana mana. Belum lagi menghadapi dosen yang cuek dan killer. Namun di sosiologi tidak ada dosen yabg seperti itu kok tenang saja.
Di kampus itu ada organisasi eksternalnya juga. Seperti Almadani dan Mapala. Akunya juga sering mengikuti kegiatan mapala meskipun tidak sebagai anggota mapala. Hal itu menambah kesibukan aku di non akademis.
Ya sekarang semua sudah berlalu. Setalah di terapkannya psbb pada maret 2020 lalu. Kita semua di pulangkan kerumah masing masing. Lalu kesibukan non akademis pun berkurang, sekarang hanya tinggal kelas online dan tugas.

Segala kegiatan di kampus dulu sudah tak lagi di rasakan. Namun aku tidak kecewa, ya karena aku sudah melalui nya dan merasakan nya. Namun bagi mahasiswa baru 2020 tidak merasakan itu saat ini. Mau gimana lagi perintah adalah mutlak, jadi kita tidak bisa ngatur psbb itu sendiri.

Ketika aku menjalankan kuliah online sekarang semuanya berumah menjadi rumahku kampusku. Ya sekarang dilakukan dari rumah saja. Kegiata secara viritual, kelas secara viritual dan lain lainya. 

Banyak keluh kesah yang ingin aku sampaikan pada cerita ini tentang kelas online ini. Yaitu kurangnya memahami materi, kurangnya diskusi antan sesama teman mau pun dosen.

Asiknya cuma sekadar kita melakukan kuliah bisa dimana saja. Namun itu sangat berpengaruh pada menurunya minta belajar. Di karenkan mereka merasakan kuliah itu hanya materi dan tugas sehingga mereka bosan.

Lagian mau dibuat kegiatan kampus secara viritual kan tidak menyenangkan juga. Masa iya KBM online, kemahnya depan rumah masing masing haha. 

Oh iya aku sendiri tidak menyukain kuliah jarang jauh ini sendiri. Banyak faktor penghambat masuknya materi ke otak sendiri. Faktornya yaitu adalah sarana. Sarana yang saya maksud disini adalah hand phone. Tidak semua mahasiswa itu orang kaya, tidak semuanya juga memiliki hp canggih. Dan itu sangat menghabtnya. Lalu adapun dia hp canggih adakah jaringan yang kencang dirumahnya? Tidak semua daerah memiliki jaringan yang bagus. Itu adalah faktor yang paling berpengaruh dalsm kuliah online ini. Ketika jaringan kita buruk. Kita hanya bisa mendengarkan suara suara yang tidak jelas yang di sampaikan oleh dosen kita sendiri. Itu membuat pemahaman materi kita menjadi sedikit dan bisa saja tidak memahaminya sama sekali. 

Sekarang saya menjalankan semester 6. Disini ada satu matakuliah yang penting untung kedepanya, yaitu mata kuliah metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Kenapa? Iya karna mata kuliah ini mengajarkan kita bagaimana cara membuat skripsi yang baik. Metode penulisan makalah, metode pengumpulan data. Dan semua itu sangat berkaitan dengan S K R I P S I. 

Namun di karenakan psbb ini. Matakuliah metode ini tidak menjalankan yang manya prarikum itu lagi. Padahal di pratikum itu sama seperti pra skripsi. Sangat di sayang kan. 

Tapi hanya itu saya keluh kesah saya di saat kuliah online ini. 

Bagi saya kuliah itu suatu proses dimana kita sedang menjalankan pilihan masa depan kita. Kenapa? Iya masa depan itu suatu masa dimana kita bisa mengaturnya apa bila kita menjalankan prosesnya dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun