Mohon tunggu...
Yustisia Kristiana
Yustisia Kristiana Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Mendokumentasikan catatan perjalanan dalam bentuk tulisan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Berwisata Petualangan di Ngarai nan Eksotis, Hidden Canyon Beji Guwang

28 Juni 2022   08:00 Diperbarui: 28 Juni 2022   08:13 155 21 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: dokumentasi pribadi

Memasuki musim libur sekolah, Bali masih menjadi destinasi wisata unggulan untuk menghabiskan liburan. Banyak wisatawan yang merencanakan liburan bersama keluarga di pulau yang indah ini. Apabila ingin merasakan sensasi petualangan sambil menikmati keindahan bebatuan bertebing di aliran sungai maka Hidden Canyon Beji Guwang dapat menjadi pilihan.

Berikut adalah sedikit cerita tentang petualangan di Hidden Canyon Beji Guwang.

Hidden Canyon Beji Guwang

Hidden Canyon Beji Guwang berada di wilayah Desa Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, sekitar 15 km dari Kota Gianyar. Lokasinya dekat dari Pasar Seni Sukawati Bali, perlu waktu sekitar 10 menit untuk tiba di lokasi Hidden Canyon Beji Guwang.

Hidden Canyon Beji Guwang adalah sebuah fenomena alam aliran sungai dimana terdapat tebing batu di sisi kanan dan kirinya. Tebing dan dinding batu membentuk motif dan terlihat indah karena terkikis air sungai selama ratusan bahkan ribuan tahun. Kata “beji” artinya adalah air mancur yang dimurnikan oleh masyarakat.

Petualangan di Ngarai

Pihak pengelola Hidden Canyon Beji Guwang menyediakan fasilitas dan layanan yang lengkap antara lain locker untuk menyimpan barang-barang, handuk, ruang ganti, serta kamar mandi untuk membersihkan diri. Wisatawan juga didampingi oleh pemandu yang handal.

Hidden Canyon Beji Guwang merupakan sebuah perjalanan yang tergolong menantang sehingga tidak direkomendasikan untuk orang yang sudah lanjut usia (maksimal 65 tahun), anak-anak kecil atau orang dengan penyakit serius seperti asma dan jantung.

Tersedia 2 macam trek yang bisa dipilih, yaitu melihat 1 air terjun sekitar 1 jam perjalanan atau melanjutkan perjalanan untuk melihat 2 air terjun selanjutnya sekitar 2 jam perjalanan.

Perjalanan dimulai dengan menuruni anak tangga. Setelah melewati anak tangga dan tiba di dasar, akan terlihat area pancuran air yang biasanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk air suci (tirta) dalam upacara keagamaan. Dari sini kita harus melewati bebatuan dan sekitar 700 meter untuk sampai di lokasi ngarai tersembunyi Beji Guwang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan