Mohon tunggu...
Yusnita Bangka
Yusnita Bangka Mohon Tunggu... Pustakawan

Assalamualaikum temen-temen sahabat Kompasiana, perkenalkan saya berasal prov. kep. Bangka Belitung. Disini saya masih belajar dalam menulis, maka saya sangat membutuhkan koreksi sahabat Kompasiana untuk mengkoreksi tulisan saya agar nantinya menjadi lebih baik lagi. Salam kenal untuk sahabat Kompasiana semuanya.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Rapat Kerja Atpusi Kabupaten Bangka Berlangsung Sukses

6 Maret 2020   01:10 Diperbarui: 6 Maret 2020   01:07 59 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rapat Kerja Atpusi Kabupaten Bangka Berlangsung Sukses
Anggota ATPUSI Kab. Bangka dan Kadis DKP| Dok Pust Bangka

ATPUSI adalah kependekan dari Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia. Dari namanya sudah dapat ditebak kalau anggota organisasi ini adalah tenaga perpustakaan sekolah atau yang lebih dikenal dengan sebutan pustakawan/pengelola perpustakaan sekolah. ATPUSI dibentuk sebagai upaya memotivasi pengelola perpustakaan sekolah dalam berinovasi untuk meningkatkan minat membaca serta saling bertukar pengalaman dengan pengelola perpustakaan sekolah lainnya.

ATPUSI Kabupaten Bangka pada hari Rabu, tanggal 4 Maret 2020 mengadakan rapat kerja tahun 2020 yang dilaksanakan di Hall SD YPK Air Kenanga Sungailiat. Pertemuan ini membahas program kerja dan membentuk kepengurusan ATPUSI tingkat kecamatan. Hal ini diperlukan mengingat jarak yang jauh antara delapan kecamatan di Kabupaten Bangka. 

Rapat kerja ini dibuka oleh Hj. Mina, S.IP, M.Si selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka. Hj. Mina mengatakan bahwa perpustakaan sekolah harus bisa berinovasi lebih baik lagi dalam meningkatkan minat baca siswa.  Apabila dibutuhkan dapat melibatkan orang tua siswa untuk menanamkan minat baca di luar lingkungan sekolah. Sementara itu Ketua ATPUSI Kabupaten Bangka Yusnita, SE sebagai narasumber rapat kerja berharap dengan adanya Program Kerja ATPUSI tahun 2020 ini sebagai rangsangan buat pengelola perpustakaan sekolah agar lebih aktif lagi dalam menyuarakan Gerakan Literasi di sekolah dan luar lingkungan sekolah sehingga membantu menyukseskan program pemerintah dalam Gerakan Literasi Nasional (GLN) dan Literasi Digital Masyarakat.

Rapat Kerja ATPUSI Kabupaten Bangka menghasilkan beberapa kesepakatan, yaitu terbentuknya kepengurusan ATPUSI  pada delapan kecamatan dan tersusunnya program kerja ATPUSI KAbupaten Bangka Tahun 2020 yang terdiri dari pelatihan tentang perpustakaan untuk pustakawan/pengelola perpustakaan sekolah, mendongeng di sekolah-sekolah yang terpilih di tahun 2020 oleh pengurus ATPUSI, kegiatan Kecak Perpustakaan (merias wajah perpustakaan sekolah yang terpilih di tahun 2020), menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di luar lingkungan perpustakaan, kegiatan Jambore Literasi Kabupaten Bangka. (Pust Bangka)

VIDEO PILIHAN