Mohon tunggu...
yusmaldiansyah
yusmaldiansyah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Menarasikan cerita dan beragam pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Catatan Penting Perilaku Kehidupan yang Benar

26 Agustus 2022   14:25 Diperbarui: 14 Oktober 2022   11:17 138 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Sah menikah apabila ada maharnya,maharnya berapa benda yang ada nilai,benda apa saja,asal ikhlas menerimanya,misalkan seperangkat alat shalat,dll.

Pada masa sayidina Ali pernah melamar seorang perempuan yang memakai melamar dengan emas yaitu dirham/uang dalam bentuk emas.

Apabila seorang lelaki dan wanita berhubungan badan di suatu tempat,dan di temukan oleh orang kampung,orang kampung tersebut meminta denda berupa kambing,maka sah atau halal kambing itu untuk dimakan secara adat.

Kenapa kupiah mukutop dipakai disaat acara walimah antar Pinto/dara Baro karena untuk merayakan raja sehari/siuroe,pakaian adat Aceh tersebut merupakan pakaian raja untuk orang besar/sultan Aceh.

Apabila membaca Alquran dekat kuburan kepada si jenazah di makamnya untuk meringankan dosa-dosa tersebut,bisa dibaca surat Al-Ikhlas 11 kali apabila tidak mampu membaca Alquran yang banyak disaat menziarahi kuburan.

Harta orang meninggal harus dibayar kepada orang yang gali kuburuan,kenduri juga harus kepada warga yang datang yang bertakziah.

Kifarat sembahyang merupakan sedekah beras dari si mayit. Niat lafazh kifarat sembahyang Fulan bin fulin saya kasih ke ust/tgk,dan begitu sebaliknya,tolak menolak yang saling brhadapan.

Segala hutang piutang harus dilunaskan kepada manusia,dan segala urusan yang menyangkut tidak sempurna ibadah menghadap kepada Allah harus membayar kifarat.

Dalam hukum perkawinan mati istri suami yang tanam,mati suami istri yang tanam(kubur).

Fungsi wali dari keluarga mayit untuk mengurus segala si mayit,yang tepat dan benar secara hukum agama Islam.

Hak dari warisan pertama,tetapi tidak ingin harta warisan tersebut karena orang ada,ttpi memberi kepada orang lain dengan keakraban dengan si mayit/yang dekat keluarga dari si mayit,boleh asal ada izin dri pihak pertama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan