Mohon tunggu...
Yuriuslevin
Yuriuslevin Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Penerapan Data Mining pada Marketing

19 Maret 2019   16:51 Diperbarui: 19 Maret 2019   20:48 1662
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

    Pernah dengar istilah ini? bagi orang Informatika pasti sudah tidak asing lagi dengan Data mining,hampir semua sektor / bidang di kehidupan sehari-hari ini telah menerapkannya,bagi yang belum tau apa itu data mining inilah arti data mining menurut pendapat penulis(saya) singkatnya yaitu "Menggali atau mencari nilai tambah dan nilai guna dari suatu data yang nantinya digunakan untuk mencari informasi tambahan/baru yang lebih efisien".     Data mining sendiri sebenarnya sudah ada sebelum teknologi berkembang pesat, karena apapun yang terlihat ,terdengar semua dapat menjadi data yang dapat kita analisis setelahnya, Namun di jaman milenial ini penerapan data mining semakin nyata dan berguna. Rumah sakit, Perpustakaan,Sekolah,Universitas,Perusahaan dan banyak bidang lagi telah memanfaatkan data mining untuk pelaksanaan yang lebih maju.   

    Data Mining pada Marketing    Pada Marketing salah salah satu hal yg harus di lakukan adalah Analisis marketing , Analisis marketing adalah suatu komponen yang penting dari sistem analitik, dan analisis marketing sendiri bertujuan untuk meningkatkan penjualan, pelayanan dan kepuasaan pelanggan dan tentunya lebih menguntungkan instansi tersebut. Terdapat banyak sekali permasalahan dalam pasar , dan salah satu cara menanganinya menggunakan data mining , data yang dihasilkan dari tiap transaksi sangat berharga karena dpt menghasilkan informasi tambahan.

    Dalam hal menganalisis data hal yang penting juga yaitu penentuan segmen untuk pelanggan dan target yang berbeda , segmentasi singkatnya adalah pembagian kelompok-kelompok pelanggan yang berbeda tujuannya untuk mengetahu perilaku konsumen dan menentukan langkah yang tepat pada pemasaran sehingga mendatangkan keuntungan/laba bagi suatu perusahaan.   Contoh yang simple dari data mining pada marketing adalah Online Shop , ketika pembeli melakukan transaksi / membeli suatu barang maka sistem akan menganalisis data yang ada sehingga karakteristik pembeli akan terlihat , sistem dapat mengetahui  apa yang di ingini pembeli atau apa yang cocok ditawarkan selanjutnya , Dengan begitu maka pemasaran akan lebih meluas dan probabilitis keuntungan akan meningkat.    

Data Mining yang diterapkan pada  bidang usaha retail Yaitu analisa keranjang belanja (market basket analysis). Yang perlu di ingat adalah dalam mengelola data pasti di temukan masalah salah satunya ada big data yang tercipta karena banyak tumpukan data yang dibiarkan, hal itu sekarang dapat diatasi dengan metode  market  basket  analysis  untuk menyelesaikan  masalah  yang  dihadapi Tersebut.Analisis ini Mengolah Data yang terbengkalai lalu menganalisa pola konsumen secara spesifik , sumber data nya yaitu transaksi yang sudah disebutkan , bisa dari kartu kredit, struk belanjaan, kupon , keluhan konsumen dan sebagainya. metode ini adalah sebagai titik awal pencarian pola kebutuhan konsumen.

Referensi :

- http://jurnal.stmik-amik-riau.ac.id/index.php/satin/article/view/24

- http://www.rroij.com/open-access/implementation-of-data-mining-techniques-toperform-market-analysis-.php?aid=47236

- https://statistikakomputasi.wordpress.com/2010/04/17/data-mining-market-basket-analysis-for-marketing-strategy/ 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun