Mohon tunggu...
Yurista Fatinah
Yurista Fatinah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Yurista Fatinah

Merawat Kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Film

Yurista Fatinah - Artikel Kritik Sastra - Film Dear Nathan Thank You Salma

30 November 2022   06:49 Diperbarui: 14 Desember 2022   03:05 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://mmc.tirto.id/image/2022/01/04/dear-nathan_ratio-16x9.jpg 

Artikel Kritik Sastra

Film Dear Nathan Thank You Salma Memberikan Pesan Perempuan Harus Berani Mengungkapkan Kasus Pelecehan Seksual dan dibawah ke Ranah Hukum

Oleh : Yurista Fatinah (2003010016)

Kelas M2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

  

Film Dear Nathan Thank You Salma menceritakan tentang dua sejoli yag saling mencintai dari duduk dibangku  Sekolah Menengah Atas (SMA) sampai dibangku perkuliahan. Kisah romantis yang mewarnai cerita ini, film bergenre percintaan menyelimuti setiap adegan. Disutradarai Kuntz Agus berdasarkan Novel Thank You Salma Karya Erisca Febriani dan sebagai trilogi atau film terakhir dari Novel Dear Nathan. Film ini tayang perdana di bioskop Indonesia pada 13 Januari 2022 produksi Rapi Films serta Screenplay Films, durasi penayangan film 90 menit. Pemeran utama atau inti dalam Film Dear Nathan Thank You Salma ialah Nathan Januar Prasetyo (Nathan panggilannya) diperankan Jefri Nichol, Salma Alvira (dengan panggilan Salma) diperankan Amanda Rawles, Zanna diperankan Indah Permatasari, Afkar diperakan Ardhito Pramono dan Rio diperankan oleh Sani Fahreza.

Sinopsis Film Dear Nathan Thank You Salma berkisah romantisnya kisah percintaan Nathan dan Salma yang beranjak dewasa menjadi salah satu mahasiswa dan mahasiswi yang ada di kampus Jakarta, dengan Nathan sebagai anak aktivis sosial yang turun ke lapangan untuk membantu masyarakat terkait korupsi dan Salma sebagai anak sastra yang sangat puitis dengan karyanya memuat makna kehidupan. Dikejutkan dengan terjadinya pelecehan seksual dialami Zanna kawan sekelas Nathan yang membuat hubungan Nathan dan Salma renggang, karena Nathan membantu Zanna untuk memperoleh keadilan dari pelecehan seksual yang dilakukan teman sekelasnya sendiri yaitu Rio kepada Zanna. Hadirlah Afkar, ketua klub puisi Bumi Syair yang sejak lama diidolakan oleh Salma di tengah percintaan Nathan dan Salma. Pada saat Salma ulang tahun Nathan tidak hadir memberikan kejutan karena Nathan membantu Zanna dalam mengurusi meninggalnya ayah Zanna, membuat Salma kesal akan hubungan dia bersama Nathan dengan Salma membalikkan foto dan barang-barang yang pernah diberi Nathan. Pada saat menuju ke rumah Nathan, Salma dan Rebecca menjumpai Nathan yang membawa laju motor dengan cepat di jalan dan mereka pun mengikuti Nathan dari belakang. Saat tiba di rumah sakit Salma terkejut melihat keramaian orang yang mencegah Zanna untuk bunuh diri dari gedung yang tinggi. Akhirnya Zanna tidak jadi memberanikan dirinya untuk meloncat diri karena dicegah oleh Nathan dan Rebecca beserta Bu Dewi dosen di kampusnya. Salma membantu Nathan dalam kasus pelecehan yang dialami Zanna dengan ide Nathan untuk membumikan kasus ini agar mendapatkan dukungan dari ramai orang dengan mengikutkan Afkar. streaming youtube secara langsung berupa pembuatan video yang mengangkat cerita Zanna dilecehkan dan meminta bantuan untuk mendukungnya agar beasiswa yang ditarik dapat dikembalikan. Agar ranah ini dibawa kepihak yang berwajib dan Salma juga menampilkan musikalisasikan puisi yang diiringi gitar bersama Afkar. Akibat video streaming youtube, Zanna mendapatkan beasiswanya kembali dan Nathan dikeluarkan oleh pihak kampus. Akhirnya mereka semua menyelesaikan studi perkuliahan secara bersamaan. Malam hari Nathan menjumpai Salma dan memberikan boneka ulang tahun yang belum sempat dikasih Nathan untuk Salma, di dalam boneka tersebut terdapat cincin untuk Salma. Akhirnya percintaan mereka kembali dengan penuh kasih sayang yang tulus.

Kelebihan dari Film Dear Nathan Thank You Salma, film ini bermakna sangat berdedikasi di samping romantisnya antara Nathan dan Salma karena menceritakan terkhusus untuk perempuan harus berani menyuarakan pelecehan seksual dan melaporkan kepada pihak yang berwajib. Dimana dengan menceritakan dua sejoli yang saling mencintai dari duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA) sampai mereka menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi mendapatkan gelar. Film Dear Nathan Thank You Salma series ini berbeda dengan series sebelumnya, series ini bukan terpaku pada cerita kisah cinta Nathan dan Salma melainkan mengupas atau membantu masalah pelecehan seksual yang dialami Zanna.

Agar kasus ini tidak menjadi hal yang tabu lagi di Indonesia, memerangi pelecehan seksual yang sangat merusak generasi muda Indonesia. Walaupun romantisnya Nathan dan Salma tetapi mereka tetap menyelesaikan kuliahnya dan membantu menyelesaikan kasus Zanna atas pelecehan seksual yang menyakiti dirinya. Dalam pengambilan video sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan para tokoh dari tokoh utama maupun pendukung sangat menghayati peran yang dibawakan.

Kekurangan film ini terletak pada alur cerita yang mudah ditebak yaitu alur maju saja dan bagian konflik kurang memuncak. Perbandingan Film Dear Nathan Thank You Salma 2022, dengan  Dear Nathan 2017 dan Dear Nathan Hello Salma 2018. Dimana Dear Nathan Thank You Salma 2022 tidak terfokuskan pada kisah cinta Nathan dan Salma seperti di film Dear Nathan 2017 dan Dear Nathan Hello Salma 2018, hanya terfokuskan pada penyelesaian kasus pelecehan seksual yang dihadapi atau dialami oleh Zanna.

Pesan moral sekaligus rekomendasi dari film Dear Nathan Thank You Salma yaitu jangan mudah percaya sama lawan jenis jika sudah mengarah hal yang tidak baik dan sebagai perempuan harus berani menyuarakan kasus pelecehan seksual, agar para pelaku jera terhadap perilaku penyimpangan dengan dibawah ke ranah hukum. Sebagai mahasiswa harus berani turun tangan secara langsung untuk  memerangi korupsi yang dilakukan para pejabat dan menjaga kesehatan mental akibat tidak diperlukan dengan baik oleh orang lain.

 

 

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun