Mohon tunggu...
Yurike Utari
Yurike Utari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Meningkatkan Kesadaran Siswa mengenai Kebersihan Diri dan Hidup Sehat melalui Poster Edukatif

1 Desember 2022   09:48 Diperbarui: 1 Desember 2022   11:41 1100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Inventaris obat dan perlengkapan UKS -Dok pribadi

Olivia Febryliana, Winibhawa Mulya Ingprabha Madani, Aliis Rahma Shoumi

Universitas Negeri Malang

Unit Kesehatan Sekolah (UKS) ialah upaya dari satuan pendidikan untuk menanamkan, menumbuhkan, serta mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hidup sehat dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 

Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dalam lingkungan sekolah ialah sebagai wadah untuk meningkatkan hidup sehat dengan banyak cara seperti adanya ekstra PMR untuk siswa. Pada kegiatan ekstra PMR sendiri dapat membantu siswa untuk lebih mengerti dan sadar akan pentingnya kebersihan diri dan hidup sehat berawal dari diri sendiri. Oleh karena itu adanya UKS dan kegiatan ekstra PMR dapat membantu siswa atau warga sekolah lebih paham mengenai kebersihan diri dan hidup sehat.

Kegiatan meningkatkan kesadaran siswa mengenai kebersihan diri dan hidup sehat melalui poster edukatif adalah salah satu program kerja administrasi yang dijalankan pada program Asistensi Mengajar di SMP Negeri 1 Turen. Program kerja ini dilaksanakan oleh 14 mahasiswa Universitas Negeri Malang dari berbagai macam program studi dengan persetujuan guru UKS SMP Negeri 1 Turen. 

Program kerja ini bertujuan untuk memperluas kesadaran siswa akan kebersihan diri dan hidup sehat dengan menggunakan media poster edukatif dan pendataan obat-obatan dan perlengkapan yang ada di UKS SMP Negeri 1 Turen. Pertama-tama kami melakukan pendataan inventaris obat dan perlengkapan UKS, tak lupa kami juga berkoordinasi dengan guru UKS SMP Negeri 1 Turen kiranya ada obat atau perlengkapan yang belum lengkap.

Kegiatan berikutnya adalah mencari spot kosong yang ada di sekolah untuk ditempeli poster edukatif. Setelah mendapatkan spot mana saja yang akan ditempeli lalu kami berunding mengenai tema apa saja yang akan kami angkat untuk poster edukatif.

Gambar 2. Kegiatan Perundingan Tema Poster Edukatif -Dok pribadi
Gambar 2. Kegiatan Perundingan Tema Poster Edukatif -Dok pribadi

Selain tema kami juga merundingkan ukuran dan jenis-jenis poster apa saja yang akan dibuat. Setelah mendapatkan hasil dari jenis poster (hidup sehat tanpa rokok, cuci tangan, minuman keras, dan narkoba) kami mulai mengerjakan poster tersebut. Kami juga melakukan koordinasi dengan teman-teman dan guru UKS mengenai kelayakan poster yang kami buat apakah sudah sesuai dengan tema atau perlu revisi lagi.

Gambar 3 Poster hidup sehat tanpa rokok - Dok pribadi
Gambar 3 Poster hidup sehat tanpa rokok - Dok pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun