Mohon tunggu...
Yupiter Sulifan
Yupiter Sulifan Mohon Tunggu... Guru - Seorang pendidik di sekolah lanjutan atas negeri di Sidoarjo

Seorang pendidik yang minat di dunia pendidikan, fotografi, lingkungan, kesehatan, sejarah, agrobis

Selanjutnya

Tutup

Surabaya Pilihan

Kampung Adopsi Jahe Merah

22 Mei 2022   14:37 Diperbarui: 22 Mei 2022   14:49 158 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Queen bersama warga setelah betanam jahe merah (foto dokumentasi pribadi)

Budidaya jahe merah di kota Surabaya rupanya makin meluas jangkauannya. Dengan dibentuk kampung-kampung adopsi ini diharapkan warga bisa membudidayakan jahe merah serta mengolahnya menjadi makanan minuman kesehatan. 

Selain kampung adopsi yang ada di Jalan Tanah Merah 3, kini semakin bertambah di kawasan lain. Dalam gerakan budidaya tanaman jahe merah oleh siswi SDN Ketabang 1/288 Surabaya, Queen Anneysa Kabeer Lukito. Di tangan Queen inilah, kampung adopsi budidaya tanaman jahe merah semakin berkembang, yakni dengan menambah kampung adopsi di Taman Rusunawa Tanah Merah, Surabaya.

Dibantu Ketua RT Rusunawa Tanah Merah, Abdul Muthalib bersama perwakilan dari kampung adopsi pertama, menanam beberapa bibit tanaman jahe merah di taman rusunawa pada Minggu (22/5). Nantinya bibit tanaman jahe merah akan ditambah, hingga memenuhi lahan kosong di taman rusunawa Tanah Merah.

Bersama warga menanam jahe merah di lahan kosong (foto dokumentasi pribadi)
Bersama warga menanam jahe merah di lahan kosong (foto dokumentasi pribadi)

Rencana besar untuk kampung adopsi budidaya tanaman jahe merah oleh Queen yang juga putri favorit Lingkungan Hidup 2021 dan juara 3 (Runner Up 2) Putri Lingkungan Hidup 2021, yakni menambah kampung adopsi di kawasan Tanah Merah. Sebanyak 31 RT didalam RW 4 Tanah Merah, tanah kosong disetiap RT tersebut akan digalakkan kampung adopsi budidaya tanaman jahe merah.

"Harapannya kampung adopsi budidaya tanaman jahe merah bukan hanya di satu tempat saja di Tanah Merah 3, tapi juga di setiap RT di RW 4 Tanah Merah ini. Pelan-pelan tapi pasti, nanti saya sama tim akan menanam bibit jahe merah di tanah kosong yang bisa dijadikan kampung adopsi selanjutnya. Adapun manfaat penanaman di lahan kosong rusunawa agar  lahan tersebut bisa lebih produktif," ungkap Queen.

Tak hanya itu, Queen juga mengenalkan produk olahan jahe merah yang sudah dipasarkan baik online maupun off line miliknya ke masyarakat sekitar kampung adopsi budidaya tanaman jahe merah Tanah Merah. Diantaranya bubuk jahe merah instan, minuman jahe merah siap seduh, kue kering rasa jahe merah yang sudah terdaftar menjadi produk UMKM Kota Surabaya.

Queen juga mengenalkan produk olahan jahe merah ke warga (foto dokumentasi pribadi)
Queen juga mengenalkan produk olahan jahe merah ke warga (foto dokumentasi pribadi)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Surabaya Selengkapnya
Lihat Surabaya Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan