Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Empat Sifat Buruk Seorang Pemimpin yang Merusak

20 Juli 2021   17:59 Diperbarui: 20 Juli 2021   19:41 445 33 53 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empat Sifat Buruk Seorang Pemimpin yang Merusak
Ilustrasi Bad Boss | Sumber : https://www.inc.com

Harus diakui tidak mudah menemukan seorang pemimpin yang sempurna baik, bak seorang malaikat penolong dan penyelamat dalam segala situasi dan membawa keberhasilan yang terus menerus tiada batas bagi perusahaan yang dimpimpinnya.

Keunikan menjadi seorang pemimpin menjadi sebuah misteri yang terus diungkap sepanjang sejarah hingga kini, namun yang ditemukan adalah formula yang hanya sekedar acuan belaka, sebab ketika implementasi akan teruji seberapa efektif model atau gaya yang dipilih.

Salah satu hal yang harus disadari adalah perubahan yang terus terjadi, dan akan semakin sulit diprediksi untuk jangka panjang, menjadi alasan mengapa tidak mudah menemukan seorang pemimpin yang jempolan. Pun terus melatih dan dilatih serta diterjungkan dalam beragam situasi, tidak menjadi jaminan menemukan pemimpin yang hebat.

Pendidikan kemiliteran menjadi salah satu rujukan yang sangat bagus untuk melatih para calon pemimpin dan pimpinan puncak yang memiliki dasar-dasar yang kokoh membentuk karakter sebagai seorang pemimpin. Walaupun membutuhkan harga yang mahal, tetapi memberikan kapasitas jangka panjang mengubah sebuah organisasi perusahaan menjadi yang terbaik.

Pelatihan Membuang Sifat Buruk

Adalah "Charm School"  merupakan sebuah program pelatihan yang diadakan setiap tahun oleh U.S Army dan diperuntukkan  bagi orang-orang  terpilih dipromosikan  menjadi petinggi dalam kemiliteran.

Menarik untuk dicermati pelatihan yang diberikan, karena nampaknya sederhana tetapi sungguh sangat mendasar. Sebab yang menjadi target dari pelatihan Charm School ini adalah menghilang sifat  buruk seorang pemimpin dan mendorong peningkatan kapasitas kepribadian sebagai seorang patriot.

Ini sangat bagus, karena sifat buruk ini menjadi sumber banyak persoalan yang dilakukan oleh para pemimpin dalam banyak organisasi, baik perusahaan maupun organisasi publik dan pemerintahan.  Artinya, kalau sifat buruk yang mendasar ini dapat dihilangkan, maka semua aspek lain tentang kepemimpinan akan menjadi kuat dan hebat.

Ilustrasi Pendidikan Militer | Sumber :  https://mwi.usma.edu
Ilustrasi Pendidikan Militer | Sumber :  https://mwi.usma.edu

Program pelatihan pada Charm School ini dirancang untuk mengingat  semua persertanya bahwa menjadi seorang pemimpin  yang hebat dan berkualitas harus  mampu untuk (i) peduli kepada bawahannya, (ii). Menghindari pelanggaran etika, (iii). Memiliki keberanian moral yang tinggi, dan (iv). Saling menghargai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN