Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Dosen - Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Ketika Mbah Google Lebih Mengenal Diri Anda, Berbahayakah?

19 Juni 2021   19:11 Diperbarui: 23 Juni 2021   08:31 1672 31 86 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Mbah Google Lebih Mengenal Diri Anda, Berbahayakah?
Logo Google di kantor Google Indonesia, SCBD Jakarta| Sumber: CONNEY STEPHANIE/KOMPAS.com

I. Google Lebih Kenal Anda

Apakah Anda termasuk orang yang bebas dari Google? Sangat mungkin, Anda dan saya termasuk yang tidak bebas dari Google. 

Suka atau tidak suka, ketika Anda dan saya memiliki akun gGoogle dalam bentuk email address @goole.com maka percayalah bahwa Anda tidak pernah bebas dari Google, karena dia akan terus mengawasi dan mengikuti setiap jejak digital Anda, ke manapun Anda akan pergi, kapanpun, dengan device apapun, dia mengetahui Anda.

Apakah ada orang yang tidak terawasi oleh si Mbah Google? Mungkin ada, tetapi dipastikan persentasenya sangat mungkin jauh lebih sedikit ketimbang yang terkontrol oleh perusahaan multinasional si Google ini. Artinya, kita memahami dalam konteks setiap orang yang memiliki akun Google.

Pun, ketika seseorang tidak memiliki akun Google, tetapi melakukan googling atau semacam browsing untuk mencari informasi dan data tentang apa saja, maka sesungguhnya Mbah Google langsung merecord, mengikuti, dan terus mengawasi Anda dan seterusnya akan berusaha sharing data dan informasi kepada Anda sesuai profiling diri Anda yang direkam oleh mesin Google.

Susah untuk bebas dari Google, bukan saja karena memang perusahaan ini termasuk yang terbaik untuk urusan produk dan jasa internet, tetapi, kebutuhan setiap orang mampu dijawab oleh Google dalam waktu yang sangat singkat dengan mudah dan biaya yang sangat rendah. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan jasa si Mbah Google ini.

Perusahaan yang yang didirikan pada tahun 1998 ini oleh dua berkawan Larry Page dan Sergey Brin, terus melaju dan berkembang dengan luar biasa dan meninggalkan pesaing-pesaingnya yang sudah duluan ada di pasar, katakanlah semacam Yahoo.com. 

Dan dengan strategi akuisisi dan juga kolaborasi Google terus besar menjadi raksasa dibidang industri jasa dan produk berbasis internet.

Harus diakui, dengan seabreg produk dan jasa yang disediakan, nyaris semua konsumen bahkan pengguna internet mampu dikendalikan. Bahkan sedemikian canggih dan jauhnya, Mbah Google mengenal lebih banyak, lebih jauh, lebih detail setiap orang daripada orang itu sendiri mengenal dirinya.

Tidak saja hanya mengenal nama, tetapi semua jejak digital orang yang bersinggungan dengannya mampu direcord dengan sangat detail, komprehensif, dan akurat sesuai dengan data yang tersedia. 

Lebih dahsyatnya lagi, data-data itu tersimpang dengan rapi dalam database yang dimiliki oleh Google, sehingga dapat digunakan kapan saja dibutuhkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x