Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Puncak Kegelisahan Steve Wozniak-Apple, Minta Akun Facebook Ditutup

10 Juli 2019   12:29 Diperbarui: 10 Juli 2019   12:42 0 1 0 Mohon Tunggu...
Puncak Kegelisahan Steve Wozniak-Apple, Minta Akun Facebook Ditutup
bio.or.id

Persaingan bisnis di bidang teknologi informasi dan komunikasi memang semakin ketat, dan nyaris susah diduga ke mana arah perkembangan yang dituju.

Ketika perusahaan tidak mampu membaca tanda-tanda perubahan setahun ke depan bisa saja "kelelep" dan akan hilang dari peta persaingan. Bukan lagi ukuran banyak atau sedikitnya orang pintar di dalam perusahaan. Tetapi begitu banyak faktor yang tiba-tiba muncul, dan mengubah semua peta yang ada.

Bagi perusahaan yang berbasis IT, di mana investasi yang dimiliki sudah sangat besar bagaikan raksasa, bila tidak antisipatif akan sangat fatal akibatnya.

Apakah perusahaan raksasa Aple Inc juga sedang mengalami kesulitan seperti itu?  Sangat mungkin betul dugaan ini, karena setelah Steve Job meninggal, maka penerusnya yang juga kawan seperjuangan yaitu Seve Wozniak nampak memperlihatkan kepanikan untuk menghadapi situasi persaingan yang semakin ketat.

Di lansir dari kompas.com Rabu 10 Juli 2019, menurunkan judul berita "Pendiri Apple Sarankan Hapus Akun Facebook". Sebuah berita berisi ajakan dari Wozniak karena kekhawatiran atas isu privasi yang terus mendera Facebook. Wozniak merasa khawatir media sosial ini akan terus melakukan pelanggaran privasi dan memata-matai pengguna.

"Ada banyak jenis orang, dan beberapa manfaat Facebook sepadan dengan hilangnya privasi. Tetapi kalau saya, saya merekomendasikan Anda mencari cara untuk keluar dari Facebook," kata Wozniak.

Ini menarik sebab alasan ini sudah dibantah oleh petinggi di lingkungan facebook tentang kekhawatiran yang dilontarkan oleh Steve Wozniak itu.

Ajakan ini sesungguhnya mencerminkan sebuah kegelisahan dari seorang pendiri Apple yang nampaknya mulai kehilangan sumber energi dan ide untuk terus mengembangkan produk-produk Apple menghadapi saingan-saingan beratnya. Terutama dari android sendiri yang menjadi musuh utama dari Apple.

Dugaan ini semakin kuat, karena 5 tahun yang lalu, kegelisahan dari Wozniak ini sudah terungkap karena saingan-saingannya semakin gencar dalam inovasi produk-produk dan fitur-fitur canggih yang sangat digemari oleh pengguna di seluruh dunia. Kompas.com mencatat kesimpulan sikap dari Worsiak itu.

Apa yang diungkapkan oleh Wozniak tersebut menjadi pertanda kegelisahannya akan inovasi Apple yang dinilai stagnan. Menurut Wozniak, produk yang baik itu muncul dari pengembangan yang dilakukan secara rahasia.

Lima tahun yang lalu, harusnya waktu yang lebih cukup bagi Apple untuk melakukan terobosan agar tetap menjadi salah satu yang terdepan dalam menghadapi gencarnya android dalam melakukan inovasi teknologi. Tetapi itu tidak terjadi, malah hari ini Steven Wozniak meminta semua orang untuk menghapus akun facebook yang dimiliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN