Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Analisis Artikel Utama

6 Pesan Menyejukkan Prabowo Jelang Gelar Sidang di MK

12 Juni 2019   09:17 Diperbarui: 13 Juni 2019   16:25 0 10 4 Mohon Tunggu...
6 Pesan Menyejukkan Prabowo Jelang Gelar Sidang di MK
Sumber: jakartaglobe.com

Menkopolhukam Wiranto betul-betul menepati janjinya untuk menggelar pengungkapan dalang dari peristiwa kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang di paparkan habis-habisan oleh pihak Kepolisian RI pada siang menjelang sore, pada hari Selasa 11 Juni 2019.

Momen ini ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, tidak saja oleh para jurnalis, para analis, pengamat dan utamanya rakyat Indonesia semuanya. Mengingat kerusuhan itu menelan korban jiwa, tetapi juga berkembang secara liar berbagai spekulasi tentang aksi itu. Apalagi dalam situasi politik yang masih sangat panas dengan adanya PHPU di MK.

Harus diakui bahwa pengungkapan dalang aksi kerusuhan Mei ini memberikan dampak yang signifikan di tengah-tengah publik. Disana terasa ada ketenangan dan tentu kedamaian sebagai indikasi kepercayaan masyarakat kepada kerja profesional Polri yang kali ini bekerja dengan tempo yang cepat, kurang sebulan sejak kerusuhan terjadi.

Publik memuji keberanian Polri dalam menangani situasi yang ada. Dan tentu saja efek domino ke depan akan sangat besar tentang situasi kondusif yang semakin nampak kuat.

Terlepas dari kontroversi dari dalang-dalang dibalik aksi kerusuhan dan bahkan rencana makar yang diungkapkan oleh Polri, patut juga di apresiasi dengan baik reaksi dan sikap dari sejumlah tokoh-tokoh politik, terutama yang menjadi bagian dari kontestasi Pemilu 2019, termasuk Prabowo Subianto.

Prabowo sebagai Capres 02 pada sore menjelang malam, memberikan reaksi yang juga patut diapresiasi dengan baik. Melalui video yang dikirimkan Prabowo-Sandi Media Center (PSMC) sejumlah pesan penting yang khusus di alamatkan bagi pendukungnya menjelang digelarnya sidang PHPU di Mahkamah Konstitusi pada Jumat 14 Juni 2019

Pertama, tidak ada pengerahan aksi massa besar-besaran ketika sidang-sidang digelar di MK. Ini pesan penting karena keputusan Prabowo-Sandi untuk menempuh jalur yang benar yaitu konstitusi sesuai UU yang berlaku.

"Saya dan saudara Sandiaga Uno memohon pendukung-pendukung kami tidak perlu untuk berbondong-bondong hadir di lingkungan MK pada hari-hari yang mendatang. Saya mohon saudara percaya kepada kami kami akan berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara," kata Prabowo Subianto dalam video yang dikirimkan Prabowo-Sandi Media Center (PSMC), Selasa (11/6/2019) di Jakarta.

Kedua, Prabowo dan Sandi selalu memikirkan yang terbaik bagi negara ini. Dan oleh karenanya tidak perlu ada pengerahan massa yang potensial akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi berlangsungnya sidang di MK.

"Kami selalu memikirkan yang terbaik untuk kepentingan rakyat. Kalau saudara mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, saya mohon tidak perlu hadir di sekitar Mahkamah Konstitusi," ujarnya

Ketiga, Prabowo berpesan agar yang datang dalam persidangan di MK cukup perwakilan saja khususnya di bidang hukum yang tentu dibutuhkan.

"Mungkin ada delegasi hanya sekedar untuk menemani hukum dan tidak perlu berbondong-bondong. Tidak perlu dalam jumlah massa untuk kita hindari fitnah dan hindari provokator-provokator lainnya," kata Prabowo.

Keempat, Prabowo meminta pada semua pendukungnya agar percaya pada hakim-hakim MK yang dipercaya memproses PHPU ini.

"Kita percayalah kepada hakim-hakim tersebut. Apapun keputusannya kita sikapi dengan dewasa, dengan tenang, dengan berpikir selalu untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Prabowo 

Kelima, Prabowo berpesan bahwa pihaknya sama sekali tidak menginginkan munculnya kerusuhan setelah penyelenggaraan Pilpres 2019 ini. Karena diyakini bahwa kerusuhan itu bukan jalan yang benar bagi penyelesaian masalah bagi bangsa yang besar seperti Indonesia ini.

"Kami sama sekali tidak ingin ada kerusuhan apapun di negara ini. Bukan seperti itu penyelesaian masalah bangsa dan negara yang kita inginkan," kata Prabowo.

Keenam, Prabowo meminta agar seluruh pendukungnya tetap tenang dan menjaga nilai-nilai persaudaraan.

"Saya bersama saudara Sandiaga Uno berharap semua pendukung kami selalu tenang, selalu sejuk dan selalu berpandangan baik serta melaksanakan persaudaraan dan semangat kekeluargaan di antara sesama anak bangsa sekalian," ucap Prabowo.

Pesan Menyejukkan

Harus diakui bahwa pesan yang disampaikan oleh Prabowo ini sangat menyejukkan, dan tentu saja diluar dugaan yang diperkirakan oleh publik sendiri. Karena selama ini, beliau cenderung reaktif dalam setiap isu terkait dengan proses Pemilihan Presiden 2019 ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2