Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mana yang Lebih Dibutuhkan, Strategi atau Taktik?

19 April 2019   17:13 Diperbarui: 22 April 2019   06:33 711 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mana yang Lebih Dibutuhkan, Strategi atau Taktik?
https://www.pexels.com/photo/group-of-people-in-a-discussion-1483907/

Mana yang Lebih Penting, Strategi atau Taktik

Pertanyaan yang agak aneh ini disampaikan dalam kelas Manajemen Strategi oleh seorang mahasiswa dengan nada yang sangat antusias untuk mendapatkan pencerahan.

Mengapa pertanyaan ini agak aneh, karena bagi yang sudah faham tentang manajemen strategi dia pasti faham bahwa taktik itu bagian dari strategi, dan bukan sebaliknya, strategi bagian dari taktik.

Untuk memperoleh latar belakang pergumulannya, saya meminta si mahasiswa agar menjelaskan latar belakang mengapa dia mengajukan pertanyaan seperti. Dan jawabannya sangat sederhana tetapi sangat mendasar tentang kebingunan banyak orang antara kata Strategi dan Taktik.

Si mahasiswa ini menjelaskan bahwa dalam beberapa kali mengikuti kegiatan kemahasiswaan, sering sekali digunaka istilah Strategi dan Taktik secara bergantian dalam melakukan sebuah program dan memberhasilkan sebuah kegiatan mereka dalam kelompok Senat Mahasiswa.

Dia menjelaskan kebingunannya, karena ketika teman-temannya mengatakan strategi, tetapi dia sendiri bingung karena strategi yang dimaksudkan tidak jelas dilapangan. Pada sisi lain, teman-temannya menegaskan agar menggunakan taktik yang jitu agar kita sukses dalam kegiatan ini.

Nampaknya, hal yang sama juga dihadapi oleh banyak orang dalam mengelola program atau pekerjaannya, atau dalam mengelola organisasi perusahaan atau lembaga tertentu. Dipastikan tidak begitu jelas batasan antara pada tataran mana membicarakan strategi, dan pada level mana membicarakan taktik itu.

Akhirnya yang terjadi adalah, strategi dan taktik yang katanya sudah dirumuskan, tinggal rumusan diatas kertas saja. Karena ketika melakukan implementasi kegiatan, yang berbicara sudah tidak jelas mana strategi dan mana taktik.

Harus difahami bahwa besar kecilnya sebuah organisasi akan ikut menentukan warna dari yang disebut strategi dan taktik itu. Perusahaan besar dan mempunyai market yang luas dengan banyak divisi dan departemen, bicara strategi dan taktik tidak terlalu sulit memahami dan menerapkannya. Tetapi dalam perusahaan yang kecil, atau dalam sebuah kepanitiaan, nampaknya akan sulit melihatnya secara tegas.

Strategi

Strategi merupakan arahan bagaimana mencapai misi. Setiap misi memerlukan strategi berbeda agar mencapai tujuan akhir (goal). Strategi merupakan satu kelompok tugas, yaitu "bagaimana" untuk mencapai misi. Proses menjalankan strategi dapat berlangsung berbulan-bulan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x