Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar

|Belajar, Mengajar dan Menulis mengantar Pikiran dan Hati selalu Baru dan Segar|

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Anda Butuh Visi dan Misi, agar "Kapal Tidak Karam"

4 April 2019   17:05 Diperbarui: 4 April 2019   21:19 213 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anda Butuh Visi dan Misi, agar "Kapal Tidak Karam"
https://lmd.lk/corporate-vision/

 Ketika acara Debat Capres 2019 digelar oleh KPU, dimulai dengan masing-masing kandidat Capres menjelaskan Visi dan Misi yang akan diemban bila menjadi RI-1. Waktu yang sangat singkat, hanya beberapa menit saja, keduanya diminta memaparkan secara singkat, padat dan tuntas.

Walaupun Visi dan Misi ini begitu penting, tetapi banyak orang tidak mempedulikannya. Dan biasanya hanya menjadi concern dari para pimpinan tertinggi dalam sebuah negara atau dalam sebuah organisasi.

Visi dan Misi itu ibarat kompas bagi sebuah kapal yang sedang berlayar. Bila kompasnya tidak ada, maka kapal itu sangat mungkin akan karam kalau tidak ada yang mengarahkannya pada jalan yang benar.

Organisasi yang dibentuk untuk jangka kedepan dan untuk masa yang lama tentu pada pembentukkannya sudah mengetahui apa yang diinginkan. Organisasi demikian bertujuan mencapai sukses, suatu keberhasilan, untuk itu perlu visi yang mendalam, yang kuat, yang bermakna!

Penulisan dan penghayatan visi yang kuat adalah kunci membuka pintu sukses jangka panjang. Visi itu menjelaskan, menggambarkan apa yang ingin dicapai dan untuk itu terpapar sudah arahan tujuan yang jelas keberlanjutan usaha yang sehat organisasinya. (Yang dimaksud organisasi dapat berupa instansi, institusi, perusahaan komersiel maupun organisasi nir-laba, suatu organisasi partai politik, ataupun sekumpulan publik dengan tujuan yang sama).

Visi adalah pembuka, alat nmenuju tujuan pencapaian sukses kedepan. Yang penting juga harus ada maksud dan tujuan pembentukkan organisasi/perusahaan. Maka perlu dijabarkan dalam langkah-langkah tujuannya berupa semacam road-map sebagai misi. Sebelum menuliskan misi organisasi/perusahaan terlebih dahulu harus disepakati oleh pendiri/pemilik organisasi, atau pucuk pimpinan tujuan pembentukkan organisasi/perusahaan.

Tujuan organisasi/perusahaan merupakan bahan bakar unntuk bergerak maju. Mengapa bertujuan seperti yang disepakati dan digariskan. Tujuan demikian melatari, berupa pemikiran latar belakang visi organisasi. Tujuan harus merupakan tujuan kedepan, waktu yang cukup lama yang didambakan agar dalam proses pertumbuhan organisasi terus bertumbuh semakin sukses; tidak mudah dilanda tutup/bangkrut karena mengahadapi tantangan. Tujuan organisasi harus jelas berkomitmen dapat melawan dan mengatasi tantangan berusaha kedepan (jangka panjang yang mungkin belum jelas).

Oleh Aaron Shields menyebutkan sebagai: Your business's purpose should be what you're most passionate about---what you'd do in spite of any difficulty. The vision, however, is only one of the keys to success, you must also have a purpose that drives the vision; and, you must have missions, strategies, and tactics to achieve your vision. 

Bagaimana Menentukan Tujuan Organisasi/Perusahaan? 

  • Kumpulkan manajer eksekutif/manajer senior atau jika dalam permulaan pembentukan organisasi, kumpulkan siapapun yang akan diikutkan sebagai pemilik atau pimpinan. Siapkan sesi sumbang saran atau brain-storming.
  • Jangan ikutkan mereka yang tidak setuju pembentukan organisasi, juga mereka yang tidak entusias apalagi tidak mempunyai passion (minat yang serius).
  • Dalam sesi sumbang saran temukan pernyataan "nilai" yang murni, bermakna; dan hapus pernyataan yang saling bertindihan; tentukan tujuan yang berbeda tetapi sesuai kesepakatan. Buatkan matriks pilihan yang setepat mungkin.
  • Apabila orgnisasi/perusahaan sudah berdiri beberapa saat ataupun sudah lama, sedang tujuan pembentukkan visi, misi dan nilai ingin ditransformasikan  atau  demi menghadapi perubahan kenyatan dunia baru (globalisasi atau era industri baru dan era disrupsi); tentukan tujuan baru atau pergantian tujuan agar muncul dalam sesi sumbang saran, tujuan baru yang lebih sesuai dengan zamannya. Temukan tujuan mana yang paling kuat bergema, yang lebih berarti dalam "dunia/bisnis era baru".  Dalam sesi sumbang saran, diskusi harus terbuka dan menampung semua saran yang valid, jangan sampai ada yang tertinggal.
  • Ingat: tujuan merupakan "bahan bakar organisasi"  yang harus tahan lama.
  • Tentukan satu tujuan utama yang disepakati bersama berdasarkan pengertian pemaknaan dengan semangat tinggi, passionate; jangan mengambil keputusan melalui pengumpulan suara terbanyak.

Menentukan Tujuan Organisasi disebut juga Goal Setting, ada pula yang menyebutnya Setting The Objectives sebagai Key Results Areas (KRA); yaitu melalui menentukan tujuan paling tnggi/paling mulia. Objectives atau tujuan ini harus sesuai dengan visi organisasi. Meskipun tujuan harus di level paling tinggi, tidak boleh samar, harus tetap jelas dan mungkin harusnya dapat dicapai.

Dari ketetapan tujuan menuju visi yang mantap

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x