Mohon tunggu...
Yupiter Gulo
Yupiter Gulo Mohon Tunggu... Belajar ilmu ekonomi, menekuni area manajemen. Fokus keuangan-investasi-pasar modal, HRM dan Strategic Management. Competence CRP, Finance Analis, WPPE, HRA berbasis Research. Menulis buku ajar, artikel dan jurnal. Mengajar dan belajar membuat pikiran dan hati selalu

|Belajar. Mengajar dan Menulis Mengantar Pikiran dan Hati Selalu Baru dan Muda|

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Apakah Anda Sarjana? Saya Sarjana Kehidupan

22 Oktober 2018   18:29 Diperbarui: 23 Oktober 2018   07:37 545 6 1 Mohon Tunggu...
Apakah Anda Sarjana? Saya Sarjana Kehidupan
http://editpower.club/amiphoto.html

Seorang sahabat menuliskan statusnya di sosial media yang sangat menggugah dan menjadi bahan diskusi yang sangat hangat dikelas perkuliahan saya hari ini . Status sahabat medsos atas nama Catur Ning ini berbunyi seperti berikut ini :

Sarjana Kehidupan itu nggak punya titel.

Nggak punya transkrip nilai.

Nggak pernah pesta kelulusan.

Dan cuma Tuhan yang tau.

Apakah ia berhasil lulus memuaskan atau hanya pas-pasan.

Www.facebook.com/caturning
Www.facebook.com/caturning
Menurut saya pesan dari status ini menjelaskan dengan sederhana sebuah makna kehidupan. Atau lebih jelasnya, makna bagaimana seseorang memberi makna terjadap perjalanan hidup yang dialami oleh sejumlah orang pada umumnya, bahkan mungkin sebagian besar orang.

Ketika mahasiswa saya memberikan pendapat dan pandangan mereka yang sangat beragam, salah satu pertanyaan klasik yang sering dilontarkan oleh mahasiswa adalah "apakah menjadi sarjana itu memberikan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan?"

Inilah realitias yang hidup ditengah-tengah masyarakat, bahwa hanya dengan memiliki titel sarjana, maka pekerjaan akan mudah didapatkan. Tanpa mencapai tingkat kesarjanaan maka jangan mimpi bisa dapat pekerjaan. Itu sebabnya, semua orang ingin menjadi sarjana, karena mau mendapatkan pekerjaan, dan dengan pekerjaan maka ada jaminan kehidupan akan lebih baik.

Tidak ada yang salah dengan jalan pemikiran ini, dan dilakukan oleh hampir semua orang. Tetapi bukti menunukkan pula bahwa tidak semua orang yang mendapatkan pekerjaan, posisi yang hebat dan baik, bahkan menjadi orang sukses adalah mereka yang sudah mendapatkan titel sarjana.

Kalau dicoba dilacak data-data yang ada, Anda akan menemukan fakta-fakta yang menarik tentangan para Sarjana ini. Data BPS yang dirilis pada tahun 2018 memperlihatkan bahwa total Sarjana di Indonesia sekitar 7.000.000 orang. Memang jumlahnya relative kecil dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang sudah mencapai 260.000.000 penduduk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x