Bachtiar Yunizel
Bachtiar Yunizel Public relation

Pemerhati masalah sosial kemasayarakatan, Tinggal di Pekanbaru

Selanjutnya

Tutup

Regional

Camat Mandau (Riau) Camat "Terhebat" di Indonesia?

14 November 2017   21:08 Diperbarui: 14 November 2017   21:13 104 0 0
Camat Mandau (Riau) Camat "Terhebat" di Indonesia?
Foto : monumen 2 Miliar Produksi Minyak Duri di kota Duri

Camat kecamatan Mandau,  Kabupaten Bengkalis,  Provinsi Riau,  barangkali layak di katakan sebagai Camat 'Paling Hebat'  di Indonesia.  Bagaimana tidak,  mari kita lihat keadaan kecamatan Mandau.


Kecamatan Mandau merupakan  salah satu kecamatan dalam Kabupaten Bengkalis Riau, dengan ibu kota kabupaten adalah kota Bengkalis.  Kota Bengkalis terletak di Pulau Bengkalis (terpisah dari Pulau Sumatera) dan dapat di capai dari kecamatan Mandau kurang lebih 1 hari perjalanan termasuk menyeberang Selatan Bengkalis dengan kapal Roro.


Lantas mengapa Camat kecamatan Mandau menjadi Camat terhebat seindonesia..?  Ibukota kecamatan Mandau adalah kota Duri yang memproduksi 60% minyak nasional.  Menurut data,  90% wilayah kota Duri merupakan penghasil minyak dan merupakan salah satu wilayah terbesar  operasi PT Chevron (dulu Caltex). Hal ini turut dibuktikan dengan diresmikan ya monumen  2 miliar barel produksi minyak Duri. Dengan keadaan itu,  maka jumlah penduduk kecamatan hampir 50% penduduk Kabupaten Bengkalis. Sehingga bagaimana dinamika ekonomi kita Duri sudah dapat dibayangkan.


Di sinilah hebat nya Camat Mandau.  Pak Camat harus memimpin wilayah penghasil lebih dari separuh divisi negara dari Migas. Selain itu,  karena masih berstatus  kecamatan maka sudah barang tentu keamanan  kota Duri di'kawal' satuan polisi Dengan status Polsek.  Sebab Polres Bengkalis berada di pulau Bengkalis,  mengikuti lokasi kantor Bupati nya.


Inilah uniknya Riau. Daerah dengan dinamika dan potensi ekonomi demikian besar,  Duri hanya menjadi bagian dari  Kecamatan Mandau .  Perjuangan masyarakat Mandau untuk meraih pemekaran menjadi Kabupaten Mandau, atau menjadi Kota otonom Duri,  lepas dari Bengkalis tidak pernah mendapatkan dukungan dari Kabupaten Bengkalis sendiri ataupun Riau.  

Dampaknya dapat dipastikan.  Daerah penghasil 60% minyak nasional masih kita jumpai sangat banyak lubang di jalan.  Itu hanya salah satu bentuk kontradiksi hasil alam dan pembangunan di kota Duri. Tidak mungkin bisa disebut kan semua karena pasti akan sangat panjang...