Mohon tunggu...
yunita handiari
yunita handiari Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pemberian Pemahaman kepada Wirausaha untuk Menstabilkan Perekonomian Masyarakat Terdampak Covid-19

12 Juli 2020   16:38 Diperbarui: 12 Juli 2020   16:35 18 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemberian Pemahaman kepada Wirausaha untuk Menstabilkan Perekonomian Masyarakat Terdampak Covid-19
koleksi pribadi

Grobogan, Jawa Tengah - Universitas Sebelas Maret Surakarta telah mengadakan pengabdian masyarakat yang dilakukan melalui KKN Covid-19 yang berlangsung di desa masing-masing selama 32 - 45 hari. KKN dimulai tanggal 15 Mei -- 30 Juni 2020. Salah satu mahasiswa yang mengikuti KKN Covid-19 adalah Yunita Handiari (M0217080) dari prodi fisika yang melaksanakan KKN Covid-19 tahap 2 di Perumahan grand mutiara , Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan dengan mengambil tema ketahanan ekonomi. Yang dibimbing oleh Drs. Bambang Harjito, M.App.,Sc, Ph.D.

Salah satu program saya yaitu memberi pemahaman kepada wirausaha online karena di saat pandemi seperti ini banyak sekali wirausaha yang usahanya sangat tersampak covid sehingga tidak dapat berjualan secara langsung. Dengan demikian cara berjualan online sangatlah membantu untuk mendapatkan penghasilan sedikit demisedikit yang dapat dilakukan dirumah. 

Beberapa wirausaha yang ada di sekitar rumah saya ajak untuk bergabung menjual makanannya secara bersamaan melalui media sosial seperti instagram dan whatsapp grup, dengan begitu banyak menu pilihan yang dapat disajikan sehingga konsumen pun tertarik membelinya. Mulai dari makanan berat seperti nasi bakar, siomay, pempek hingga makanan ringan seperti sosis, baso aci, mielidi dan masih banyak lagi. Makanan yang bisa menjadi pilihan kaum muda maupun tua kita sajikan dengan tujuan orang tua dan anak bisa menikmati makanan yang kita jual.

Bermula dari mengajak beberapa wirausaha untuk bergabung berjualan, mendesain logo, membuat menu makanan, membuat akun instagram, membuat testimoni makanan kita lakukan bersama-sama setiap harinya. Dari awal saya mempunyai ide untuk sebagian keuntungan dari berjualan bersama itu akan disumbangkan untuk masyarakat sekitar yang terdampak covid. 

Ide itu saya sampaikan kepada wirausaha yang akan saya ajak berjualan. Setelah menyampaikan ide tersebut, alhamdulillah mereka semua menyetujuinya. Sesudah desain logo, foto makanan dan akun instagram siap semua mulai dapat dipasarkan. Berikut sosial media (instagram) danmenu yang kita gunakan untuk promosi dan berjualan:

 Untuk saat ini sudah ada beberapa uang yang terkumpul dari sebagian keuntungan berjualan sabia. Uang tersebut akan di kumpulkan hingga tanggal 30juni dan nantinya akan disumbangkan berupa sembako untuk masyarakat sekitar yang terdampak covid-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x