Mohon tunggu...
Yunisa Fajrin
Yunisa Fajrin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa KKN Tematik Upi 2021

Akun ini digunakan untuk memenuhi tugas akhir KKN Tematik Upi 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Keterlibatan Mahasiswa UPI Guna Meningkatkan Literasi di Sekolah Dasar

27 September 2021   01:09 Diperbarui: 27 September 2021   01:12 49 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Keterlibatan Mahasiswa UPI Guna Meningkatkan Literasi di Sekolah Dasar
KKN Tematik UPI 2021

Berbagai  studi Internasional seperti PIRLS, IAEA, dan PISA menunjukkan pencapaian literasi menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan negara-negara maju dan berkembang. Studi Internasional salah satu nya yaitu PISA (Program for International Students Assessment, pada tahun 1997 menyebutkan bahwa Indonesia yang untuk pertama kalinya ikut serta dalam survei tentang budaya literasi menempati peringkat ke-40 dari 41 negara. Selanjutnya dalam survei yang sama pada tahun 2000, Indonesia menempati peringkat ke-64 dari 65 negara partisipan. Dalam survei tentang budaya literasi di negara-negara ASEAN, peringkat Indonesia bahkan berada di bawah Vietnam, negara yang jauh lebih muda dibandingkan Indonesia, hal inilah menunjukkan bahwa rendahnya tingkat literasi atau melek huruf di Indonesia, dari berbagai hasil penelitian tersebut Indonesia perlu mawas diri terhadap faktor utama rendahnya literasi.

Sebagai bentuk usaha untuk menumbuhkan minat literasi di Indonesia, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) meyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa semester 6 yang dilaksanakan pada semester 7 dengan tema yang diberikan oleh LPPM yaitu “ Mengembangkan Literasi (Literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya, dan kewarganegaraan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional”

Mahasiswa sebagai garda terdepan sudah sepatutnya menjaga generasi bangsa, maka tentunya mahasiswa dituntut mencari sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan literasi, untuk itu dalam pelaksanaannya mahasiswa harus terjun langsung untuk membantu siswa dari jenjang Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama. Namun dalam hal ini penulis memilih sasaran yaitu siswa Sekolah Dasar yang berlokasi di SDN 1 Rajapolah.

Dalam pelaksanaannnya supaya tercapai tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan literasi pada siswa-siswi SDN 1 Rajapolah, penulis melakukan beberapa macam kegiatan yaitu :

  1. Mensosialisasikan kepada siswa untuk wajib membaca 15 menit / Hari di Rumah dengan di dampingi orang tua, Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN  membagikan selembaran yang berisikan laporan kegiatan literasi yang dimana selembaran ini harus di isi oleh siswa. Dalam selembaran ini berisi tentang Hari / tanggal siswa membaca, Jam ketika  waktu siswa membaca, Judul buku yang di baca siswa, dan paraf orang tua. Kemudian siswa harus mengirimkan bukti ketika membaca dengan di dampingi oleh orang tua dan dikirimkan ke gruf yang sudah di sediakan oleh guru wali siswa.

  2. Membantu mengarahkan siswa dalam mempersiapkan AKM (Asesmen kompetensi Minimum) untuk siswa kelas 5 SDN 1 Rajapolah,Dalam pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa KKN membantu siswa mengoprasikan perangkat  komputer maupun laptop agar siswa terbiasa dan sudah bisa ketika nanti dilaksanakannya AKM. Kemudian penulis juga berupaya semaksismal mungkin untuk meningkatkan semangat literasi dan juga meningkatkan pemahaman siswa dengan cara selalu melakukan pertemuan ujicoba AKM secara bergilir ditiap harinya dengan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan KKN dilaksanakan, yang dimana siswa berupaya untuk mencoba mengisi soal – soal AKM yang sudah disediakan yang kemudian di bahas oleh penulis untuk menyamakan persefsi siswa, diharapkan  dengan cara tersebut siswa akan terbiasa lalu bisa dan terlatih dalam hal mengenai literasi baca dan numerasi.

  3. Memberikan tugas membuat percobaan yang berhubungan dengan materi sekolah yaitu materi IPA (Model Paru–Paru Manusia), Dalam kegiatan ini penulis membagikan bahan dan prosedur dalam bentuk selembaran yang akan digunakan dalam pembuatan percobaan model paru-paru manusia. Kemudian siswa harus mengirimkan bukti sebuah video ketika membuat percobaan dikirimkan ke gruf yang sudah di sediakan oleh guru wali siswa.

  4. Memberikan tugas membuat poster tentang Covid-19,Siswa di tugaskan untuk membuat poster tentang Covid-19. Kemudian siswa harus mengirimkan bukti sebuah foto dikirimkan ke gruf yang sudah di sediakan oleh guru wali siswa.

  5. Melaksanakan Kuis Online dengan Kahoot, Kuis online ini bertujuan untuk memberikan kesan yang berbeda kepada siswa agar siswa lebih semangat kedepannya.

  6. Menyediakan Rak buku pada setiap kelas di SDN 1 Rajapolah.

Semoga dengan adanya kegiatan KKN ini, dapat  menumbuhkan semangat serta kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya literasi dalam kehidupan. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa khususnya kemampuan literasi masyarakat Indonesia.

Penulis : Yunisa Fajrin (1802116), Prodi Pendidikan Fisika

DPL        : Faisal Sadam Murron, M.Pd kelompok 7


Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan