Mohon tunggu...
YUNI RAHMAWATI
YUNI RAHMAWATI Mohon Tunggu... Guru - GURU SD

Sejak kecil ingin menjadi guru. Alhamdulillah Allah mengabulkannya. Sebagai wujud rasa syukur, saya ingin selalu mengembangkan kompetensi saya agar menjadi guru yang bisa memenuhi kebutuhan siswa sesuai kodrat mereka.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Modul 1.4 Budaya Positif

8 November 2022   22:59 Diperbarui: 8 November 2022   23:18 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum wr.wb

Salam dan bahagia Bapak Ibu Guru Hebat di seluruh Indonesia.

Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena atas limpahan nikmat dan karunia-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan modul 1.4 tentang Budaya Positif dalam Program Pendidikan Guru Penggerak.

Saya Yuni Rahmawati, S.Pd. Calon Guru Penggerak Angkatan 6  dari SDN Petangkuran Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen ingin membagikan pengalaman yang saya dapatkan dalam mempelajari modul 1.4 tentang Budaya Positif.

Dalam melaksanakan pembelajaran pada modul Budaya Positif, saya mendapatkan tambahan ilmu, wawasan, dan pengalaman baru. Terlebih karena modul ini cukup padat, sehingga saya merasa tertantang untuk lebih semangat dan berusaha membagi waktu dalam melewati seluruh rangkaian kegiatan. 

Saya sangat bersyukur dapat menyelesaikan modul ini dengan cukup baik dan lancer sampai akhirnya saya dapat menyajikan apa yang sudah saya lakukan dalam menerapkan modul ini dalam bentuk video yang diunggah di chanel youtube saya.

Penerapan yang sudah saya lakukan tentang Budaya Positif di sekolah saya adalah sebagai berikut:

1. Membuat keyakinan kelas.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah sosialisasi terhadap murid saya tentang displin positif, nilai-nilai kebajikan yang dijadikan sebagai dasar untuk membuat keyakinan kelas. Selanjutnya saya meminta siswa untuk menuliskan nilai-nilai kebajikan yang mereka inginkan di kerta kemudian menempelkan kerta tersebut di papan tulis.

 Lalu, saya dan siswa mendiskusikan nilai-nilai kebajikan tersebut sehingga menghasilkan 5 keyakinan kelas yang disepakati oleh seluruh siswa. Wujud kesepakatan tersebut adalah semua warga kelas (siswa dan guru) menandatangani keyakinan kelas tersebut. 

Keyakinan kelas yan idela berjumlah sekitar 3-7 poin saja agar mudah diingat dan dilaksanakan oleh seluruh warga kelas. Berikutnya, keyakinan kelas tersebut ditempel di dinding yang mudah dibaca oleh semua warga kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun