Mohon tunggu...
Yuni musfira
Yuni musfira Mohon Tunggu... Uwais

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Analisis Konsep Pendidikan di Dalam Alquran

10 Agustus 2020   17:17 Diperbarui: 10 Agustus 2020   17:27 29 0 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam
Universitas Islam Sumatera Utara

ABSTRAK

Pendidikan adalah suatu hal dan upaya yang ditempuh oleh manusia untuk menghasilkan karakter yang baik, akal yang berfungsi dan eksistensinya. Al-quran merupakan kalam Allah yang diturunkan melalui malaikat perantara dan disampaikan kepada utusan-Nya untuk dijadikan pedoman hidup bagi manusia. Di dalam Al-quran sendiri memberi isyarat bahwa pendidikan sangat penting, jika kita telaah lebih dalam maka akan kita dapati beberapa prinsip dasar yang bisa kita kembangkan dan kita ambil menjadi inspirasi yang sangat menajubkan apabila kita mampu menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari.

 A. Pendahuluan

Al-quran secara harfi'ah diartikan "bacaan yang sempurna", yang merupakan pilihan nama Allah yang sangat tepat. Tidak ada sampai sekarang ini bacaan yang lebih sempurna dari Al-quran. Walaupun banyak kitab-kitab yang turun ke muka bumi ini, tetapi Al-quran merupakan satu-satunya kitab yang sempurna dari segala sisi yang ada. Misalnya, dari segi penuturannya, sastranya, hukumnya, perintahnya, bahkan dalam memahami satu ayat saja diperlukan sederetan keilmuan alat untuk mengetahui maknanya. Terlebih ketika satu ayat pun di dalam Al-quran tiada yang mampu menandinginya dan menciptakan serupa dengannya, konon lagi 30 juz Al-quran.

Pendidikan menjadi salah satu poros yang penting bagi manusia dan pendidikan harus menjadi skala yang prioritas bagi suatu bangsa. Dewasa ini, ketika era globalisasi terus menjulang tinggi, pendidikan menjadi bergeser kedudukannya. Sudah tidak menjadi hal yang penting lagi bagi sederetan golongan masyarakat awam. Padahal tanpa pendidikan, tidak bisa membuat sebuah peradaban. Sehingga menjadi hal yang wajar ketika kurangnya etika di negeri ini karena kurang memperhatikan dan memperdulikan dunia pendidikan.

Seperti banyak statement yang diingat dan ditanam di dalam benak setiap muslim, bahwa Al-quran merupakan pedoman hidup. Semua tata, cara, metode berkehidupan dengan baik dan benar ada di dalam Al-quran. Tidak terkecuali tentang pendidikan. Al-quran menjelaskan bagaimana cara mendidik anak bagi orang tua, mendidik seorang istri bagi suami bahkan tata cara berakhlak dan beradab yang baik sehingga menciptakan karakter muslim yang sejati.

B. Kajian Teori

Dikutip dari buku Ulumul Quran karya Manna Khalil al-Qathan, beliau menuturkan bahwa makna Al-quran adalah kalam Allah yang diwahyukan kepada Rasulullah dengan lafalnya, dan dengan itu pula orang Arab ditantang; tetepi mereka tidak mampu membuat seperti Quran itu, atau sepuluh surah yang serupa itu, bahkan satu surah sekalipun. Tantangan itu tetap berlaku, karena Quran merupakan mukjizat yang abadi hingga hari kiamat. (al-Qathan,2015:25)

Dalam bahasa Indonesia, kata pendidikan berasal dari sebuah kata "didik" dengan memberi awalan "pe" dan akhiran "an", mengandung arti "perbuatan" (hal, cara atau sebagainya). Istilah pendidikan ini awalnya berasal dari bahasa Yunani "paedagogie", yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Dalam istilah lain yaitu bahasa Inggris dikenal dengan "education", yang berati pengembangan atau bimbingan. Dalam bahasa Arab, dikenal beberapa istilah untuk kata pendidikan seperti, al-ta'lim, al-tarbiyah dan al-ta'dib. Namun, kata pendidikan ini lebih sering digunakan dengan "tarbiyah" yang berarti pendidikan. (Nizar, 2001, 86-88)

C. Konsep pendidikan di dalam Alquran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN