Bahasa Pilihan

Kampung Inggris Pare "The Perfect Place To Learn English"

28 September 2018   11:43 Diperbarui: 28 September 2018   12:38 492 1 1

APA ITU KAMPUNG INGGRIS PARE?

Kampung Inggris Pare, apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengarnya? Apa yang teman-teman bayangkan ketika membaca kata ini? Di mana kampung ini? Apakah ada di luar negeri? Amerika? Inggris? Australia? Siapa sangka kampung Inggris ini adalah milik Indonesia, tepatnya di Pare Kediri Jawa Timur.

Orang-orang mengira bahwa kampung Inggris ini adalah kampung bule yang terdapat banyak orang asing seperti di daerah Prawirotaman Yogyakarta, tapi teman-teman akan kaget ketika datang ke Kampung Inggris dan akan sangat sulit menemukan bule. Kampung Inggris ini sendiri sebenarnya adalah sebutan dari sebuah kampung di mana di kampung tersebut terdapat banyak tempat atau lembaga untuk belajar bahasa Inggris. Jumlahnya mencapai ratusan dan tersebar di beberapa ruas jalan di Kecamatan Pare.

HISTORY OF KAMPUNG INGGRIS PARE

Kampung Inggris ini didirikan oleh Mr. Kallen yang merupakan pendiri dari lembaga kursus pertama di Pare yakni lembaga BEC (Basic English Course). Seiring berjalannya waktu dan banyaknya alumni, mulailah bermunculan lembaga-lembaga lain yang dirintis dari nol sampai sudah ada yang menjadi lembaga besar yang didirikan oleh alumni tersebut. Namun, tidak semua alumni mendirikan lembaga di tempat yang sama. Ada alumni yang memilih untuk melanjutkan study nya di luar kota, mendirikan lembaga kursus bahasa Inggris di kota asal atau kota lainnya, atau bahkan ada juga yang memutuskan untuk berjualan di sekitar Kampung Inggris Pare. Biasanya inilah menjadikan Kampung Inggris menarik, yaitu karena banyak penjual atau pedagang yang mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Secara tidak langsung, perkembangan Kampung Inggris ini membawa berkah tersendiri untuk penduduk setempat karena penduduk asli Pare bisa membuka usaha seperti hal nya berdagang, menawarkan jasa angkut, menyediakan penyewaan tempat tinggal, dan lain sebagainya. 

Keberkahan yang dirasakan oleh penduduk setempat ini dikarenakan sangat banyaknya orang yang belajar di Kampung Inggris Pare. Bukan hanya pelajar dari Jawa saja, dari luar Jawa seperti Kalimantan, Sumatra, Bali, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara pun memilih Pare sebagai tempat belajarnya. 

Namun tidak hanya itu, bahkan foreign people pun seperti dari Libya, Malaysia dan Thailand banyak yang memutuskan untuk belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Hal ini mencerminkan bahwa keberadaan Kampung Inggris ini sudah dikenal dan diakui kualitasnya oleh dunia.

KURSUSAN DI KAMPUNG INGGRIS PARE

Jumlah lembaga kursus di Pare sudah mencapai ratusan lembaga seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tenang saja, meskipun jumlahnya ratusan tetapi lembaga di Kampung Inggris Pare ini semuanya sudah memiliki surat izin alias legal. Tempat kursus yang satu dengan yang lain memiliki kelebihan tersendiri karena memiliki program yang berbeda-beda.

Terdapat lembaga spesial public speaking, grammar, percakapan sehari-hari, persiapan test TOEFL dan IELT. Selain itu ada juga lembaga untuk belajar bahasa asing lain seperti bahasa Arab, bahasa German, bahasa Mandarin, bahasa Prancis, bahasa Jepang, dan juga bahasa Korea. So, teman-teman tidak perlu bingung jika ingin belajar bahasa asing selain bahasa Inggris karena kampung Inggris Pare sudah menyediakan semuanya.

LINGKUNGAN KAMPUNG INGGRIS PARE

Selain lembaga kursus yang bervariasi, kampung Inggris juga sangat ramah untuk para pelajar yang datang karena warga asli Pare begitu welcome. Meskipun berada di kampung, tempat untuk mencari sarapan sampai makan malam sangat beragam. Teman-teman mungkin akan kebingungan untuk menentukan makan di mana dan dengan lauk apa. 

Biaya makan di Pare pun sangatlah murah, dengan harga Rp. 7000 saja teman-teman sudah bisa makan dengan daging ayam. Kendaraan untuk pelajar sendiri, beberapa penduduk menyediakan jasa rental sepeda yang bisa disewa sampai dengan tiga bulanan. 

Jadi, teman-teman tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk bepergian selama di Pare. Jika teman-teman ingin mencari buku, banyak juga toko buku yang menjual berbagai macam buku mulai dari kamus bahasa asing, buku-buku bahasa asing, sampai dengan novel semuanya bisa teman-teman dapatkan dengan harga sangat terjangkau untuk pelajar.

BIAYA DI KAMPUNG INGGRIS PARE

Biaya belajar dan tempat tinggal juga terbilang cukup murah di Pare. Setiap lembaga kursus memiliki harga yang berbeda, tetapi harga masih terjangkau. Kebanyakan lembaga kursus hanya mematok harga kurang dari 1 juta rupiah untuk biaya belajar dan kursus selama satu bulan. 

Coba, di mana teman-teman bisa mendapatkan harga semurah itu untuk belajar dan tempat tinggal? Tetapi ada juga beberapa tempat kursus yang mematok harga lebih karena servis yang akan diberikan serta program yang berbeda. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa setiap lembaga punya kelebihannya sendiri.

Masalah tempat tinggal di Pare, teman-teman bisa memilihnya sendiri. Ada di camp, homestay, atau kos-kosan biasa. Perbedaannya kalau di camp ada program belajar dan english area yang akan membuat bahasa Inggris teman-teman lebih fluency lagi. Saya sarankan sih untuk teman-teman yang ingin belajar speaking lebih baik tinggal di camp saja karena akan membiasakan teman-teman untuk berbicara bahasa Inggris.

CUACA DI KAMPUNG INGGRIS PARE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2