Mohon tunggu...
yuna afida
yuna afida Mohon Tunggu... Makeup Artist - mahasiswa

Anak sosiologi ini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

"Dramaturgi" oleh Erving Goffman

26 November 2020   18:59 Diperbarui: 26 November 2020   19:17 206 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

YUNA AFIDA (19107020076)

TEORI SOSIOLOGI MODERN/B

SOSIOLOGI,FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

UIN SUNAN KALIJAGA

    Erving Goffman lahir di Alberta,Kanada, 11 Juni 1922. Goffman dipandang sebagai anggota Mazhab Chicangi dan sebagai interaksi simbolis. Goffman adalah lulusan sarjana di Universitas Toronto,dia belajar dengan para antropolog,Collins mengidentifikasikan bahwa Goffman dipengaruhi oleh para antropolog social dan jarang mengutip para interaksi simbolis,dan ketika Goffman mengutip itu berupa kritik(Collins,1986b;109). Goffman membawa pengaruh yang sangat kuat pada interaksi simbolis,ia juga dinyatakan membantu membangun sosiologi lainya tentang kehidupan sehari-hari etnometodologi,selain itu Goffman adalah seorang analisis percakapan '' adalah Goffman yang mempelopori studi empiris dan dekat tentang kehidupan sehari-hari,meskipun dengan mata telanjang dan sebelum zaman pita perekan dan video perekam(Collins,1986b;111). Pada tahun 1980-an Goffman terpilih sebagai presiden Asosiasi Sosiologi Amerika,namun ketika Goffman akan menyampaikan pidato kepresidenanya ia tidak mempu karena pada saat itu kondisi keadaan Goffman sedang memburuk, ia menderita penyakit kanker,lalu dibatalkanya pidato kepresidenanya karena Goffman sakit parah(Collins,1986;112). Dipuncak ketenaranya pada tahun 1982 Goffman dinyatakan meninggal dunia,sosok yang dipandang sebagai ''dikultuska'' dalam teori sosiologi.

    Di teori Dramturgi milik gagasan Erving Goffman, manusia atau actor berusaha menggabungkan karateristik personal dan tujuan kepada orang lain,manusia sebagai individu dan masyarakat. Teori ini muncul dari ketengangan yang terjadi antar ''I dan Me"(gagasan Mead),ketengangan ini terjadi karena perbedaan antara harapan orang lain dengan apa yang musti kita lakukan untuk harapan kita sendiri. Teori Dramaturgi adalah teori yang menjelaskan bahwa interaksi social dimaknai dengan pertunjukan teater atau drama di atas panggung. Manusia adalah actor yang berusuha membanggakan karakteristik personal dan tujuan kepada orang lain melalui pertunjukan dramanya sendiri (Widodo;2010)

   Di panggung Goffman membedakan antara setting dan muka personal . Setting di sini yang            di maksud adalah tempat/panggung untuk dia tampil,sebagai contoh ''penyanyi'' biasanya memerlukan sebuah tempat untuk dibuat panggung, dan muka personal adalah pernak-pernik atau assecoris yang digunakan actor untuk tampil,contoh ''penyanyi''selain membutuhkan panggung tentu akan membutuhkan mixcrofon dan in ears. Pada muka persolnal Goffman membagi lagi menjadi tampilan dan tingkah laku,tampilan termasuk dalam pernak-pernik yang pantas dikenakan dengan apa yang akan ditampilkan. Tingkah laku, actor harus bisa menyesuaikan tingkah laku mereka sesuai dengan keadaan kondisi sekitar,karena tingkah laku yang payah tentu akan membuat pertunjukan menjadi berbeda.

Pandangan Goffman yang paling menarik terdapat pada ranah simbolik , Goffman beragumen bahwa orang akan menapilkan gambaran ideal dirinya,namun di sisi lain mereka harus menyembunyikan berbagai hal dari para audien guna untuk memperlancar sebuah pertunjukan. Sebagai contoh di lingkungan terdekat kita ini banyak sekali yang bermain instagram. Para pengguna Instagram atau kehidupan di Instagram, kebanyakan orang akan menampilkan hal-hal yang baik,bahagia,bahkan mewah di upload.an akun Instagram mereka,namun justru itu bisa berbanding terbalik dengan kehidupan nyatanya.

Sumber referensi:

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan