Mohon tunggu...
yuna afida
yuna afida Mohon Tunggu... Makeup Artist - mahasiswa

Anak sosiologi ini

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Teori ''Perbuatan'' Oleh George Herbert Mead

12 November 2020   20:52 Diperbarui: 12 November 2020   21:22 200 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

YUNA AFIDA (19107020076)

TEORI SOSIOLOGI MODERN/B

SOSIOLOGI,FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

UIN SUNAN KALIJAGA

               George Herbbert Mead lahir di South Headley,Massachusetts,27 Febuari 1863. Terlahir dari keluarga berada (dilihat dari sang ayah yang seorang professor), Mead menjadi sarjana muda di Universitas Orbellin Collage tahun 1883,dan melanjutkan pasca sarjana di Universitas Harvard tahun 1887. Setelah itu Mead menadapat tawaran untuk mengajar di Universitas Mechigan tahun 1891,namun tidak lama Mead mendapat undangan dari John Dewey untuk mengajar di Universitas Chicango,menurut para mahasiswa yang diajar oleh Mead, dia adalah seorang pengajar yang humble untuk mahasiswanya,sehingga membuat mahasiswa tertarik untuk mengikuti kuliah Mead. Mead juga terlibat dalam karier Ilmiah dan Reformasi Sosial, babhwa dia percaya jika ilmu pengetahuan bisa untuk memecahkan masalah social. Pada tahun 1928 Mead pengsiun dari pekerjaannya,namun Mead  masing sering datang ke Universitas Chicango karena beberapa permintaan dan tawaran agar tetap terus mengajar,namun disisi lain Rektor Universitas menentang pemikiran Mead,dan berakhir untuk mengundurkan diri, posisi Mead menulis surat pengunduran diri sudah mengalami sakit gagal jantung dan hari berikutnya Mead meninggal dunia pada tahun 1931.

            Pemikiran teori Mead sangatlah banyak ada interaksi simbolis,prioritas pada kehidupan social,perbuatan,gestur,diri,symbol-simbol signifikan,pikiran,dan masyarakat, tetapi disisini saya akan lebih mendalami teori yang paling inti yaitu Teori Perbuatan oleh Geroge Herbbert Mead. Mead mengidentifikasikan teori perbuatan menjadi 4 dasar yang terkait satu sama lain dalam setiap perbuatan(Mead 1928/1972) Mead tertarik pada pendapat Schimitt tentang 4 tahap itu,dimana binatang yang lebih rendah / manusia, keduanya sama-sama bertindak.

  • Implus : Tahap yang pertama adalah Implus yang melibatkan respon langsung dari actor(manusia) dan kebutuhan untuk berbuat sesuatu. Bagaimana si actor merespon tentang perbuatan yang dia lihat/dialaminya,tetapi disamping si actor merespon perbuatan tersebut mereka akan cenderung memikirkan akibat dari perbuatan tersebut,entah dari pengalaman yang pernah dialaminya atau akibat dimasa depan nanti.
  • Presepsi : Tentu tahap kedua ini bersangkutan dengan tahap pertama. Presepsi alah cara actor untuk mengatasi/memuaskan sebuah perbuatan. Disini actor tidak hanyamerespon perbuatan secara external,tetapi actor juga memilah dan mimilihnmana yang akan direspon/diabaikan. Mead juga menjaikan objek dan ornag saling terikat satu sama lain dan tidak bisa dipisahkan.
  • Manipulasi : Setelah merespon dan mengambil beberapa cara untuk merespon sebuah perbuatan lanjut dengan memanipulasi objek. Actor disini akan menimbang-nimbang objek apa yang akan dijadikan cara untuk merespon,dengan berfikir beberapa factor yang sudah pernah terjadi dimasa lalu,dan bagaimana pengaruh dimasa depan nanti.
  • Konsumasi : Tahap ke-4 adalah tahap terakhir atau actor sudah mendapatkan keputusan untuk mengambil tindakan/ respon yang akan memuaskan Implus(tahap pertama) tadi.

                Di teori Perbuatan ini tentu sering ditemukan dikehidupan/lingkungan kita,saya akan mengambil contoh "membeli baju". Biasanya anak cewek(saya terutama) kalau ke toko baju pasti rasanya ingin membeli semua yang di pengenin. Disini saya akan mengambil contoh dari pengalaman saya sendiri, ketika saya dipondok dulu pasti setiap dijenguk saya minta ke toko baju,entah apa itu yang dibeli pokoknya harus masuk ke toko baju itu. Suatu ketika saya melihat ada gamis bunga-bunga yang anggun dengan paduan warna pink, dengan spontan saya ingin membelinya karena ukurannya sangat pas dibadan saya,tetapi ketika itu juga saya mikir, kalau saya jadi membeli gamis itu apakah akan dipake untuk kedepannya? Karena ada beberapa gamis dirumah yang baru dipake 1 / 2kali dan berujung menganggur dicantolan,tetapi jika saya tidak jadi membelinya "bisa jadi" akan ada acara dengan desscode gamis bunga-bunga.Setelah memikirkan beberapa alasan akhirnya saya memutuskan untuk membeli gamis itu dan dengan alasan "mungkin suatu saat membutuhkan dan saya sudah punya".

            

Sumber referensi :

  • Buku Ritzer,George dan Douglas J. Goodman.2019. Teori Sosiologi. Cetakan Ketigabelas. Penerjemah: Nurhadi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan