Mohon tunggu...
Yulius Solakhomi Wau
Yulius Solakhomi Wau Mohon Tunggu... Guru - Gratias Deo

Catholic Religion Teacher and Pastoral Ministry Agent

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Penghargaan Google kepada Musisi Indonesia

23 Oktober 2021   06:26 Diperbarui: 23 Oktober 2021   06:50 154 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ellya Khadam menjadi tema Google hari ini - gambar: https://g.co/doodle/6q5929p

Ada yang unik dengan tampilan google hari ini. Hari ini Google manampilkan tema seorang penyanyi legendaris Indonesia yang hari ini berulang tahun yang ke-93 tahun. Untuk mengenang karya dan sumbangsihnya melalui dunia musik, Google menampilkannya menjadi ikon utama beranda depan mereka.

Mungkin hanya sedikit orang Indonesia yang mengenal Ellya Khadam, tetapi hampir semua sudah familiar dengan lagu dangdut lawas yang berjudul "Boneka dari India". Sejak saya masih kecil hingga saat ini lagu yang satu ini masih menjadi "primadona" di telinga kita. Lagu yang asyik dengan suara yang merdu ditambah lagi dengan iringan yang khas Indonesia banget, lagu ini masih memikat hati pendengarnya. Tidak sedikit juga orang yang meng-cover lagunya.

Lalu siapakah Ellya Khadam ini?

Ellya Khadam lahir dengan nama asli Siti Alya Husnah. Dia lahir pada tanggal 23 Oktober 1928 dan meninggal pada tanggal 2 November 2009. Karirinya sebagai penyanyi dimulai dari bergabungnya pada orkes Melayu Kalana Ria yang dipimpin oleh Adi Karso dan Munif Bahasuan. Di antara lagu-lagu yang ditulisnya, sau lagu yang paling populer yaitu "Boneka dari India". Lagu lain yang cukup populer "Pergi tanpa Pesan" dan "Djandji" juga lahir dari hasil kreasinya. Bahkan lagu "Beban Asmara" dan "Ogah Ah" menjadi populer karena jasanya.

Masa kecilnya dihabiskannya di kampung halamannya di Kawikawi, Manggarai, Jakarta Selatan. Di kampung ini dia mulai bernyanyi secara otodidak. Di masa mudanya dia dinikahkan dan sempat memperoleh dua anak. Namun nasib malang melanda pernikahannya hingga akhirnya kandas. Setelah perceraian ini, dikabarkan bahwa dia menikah lagi namun kembali cerai sebanyak dua kali.

Selain menjadi penyanyi dangdut, Ellya Khadam juga membintangi banyak film lawas. Di antara film yang dia bintangi, ada beberapa yang populer hingga sekarang seperti "Dunia belum Kiamat", "Benyamin Raja Lenong" dan "Ayah Tiriku Ibu Tiriku". Wikipedia mencatat bahwa Ellya Khadam membintangi sebanyak 21 judul film lawas Indonesia.

Pengangkatan profil Ellya Khadam menjadi tema Google hari ini adalah dalam rangka ulang tahun kelahirannya yang ke-93. Pengangkatan ini menunjukkan bahwa Google sangat menghargai orang-orang yang berjasa dalam memajukan negara dan bangsanya, orang-orang yang melestarikan budaya bangsanya sendiri. Mereka adalah orang-orang hebat yang bukan hanya menggunakan talentanya untuk dirinya sendiri tetapi juga menjadi berkat bagi orang lain. Tidak terkecuali bagi mereka yang berjuang dalam dunia musik.

Google kembali menyadarkan kita bahwa banyak anak-anak negeri ini yang patut kita idolakan dan dijadikan sebagai panutan dalam kehidupan. Melalui mereka kita seharusnya bangga akan nilai-nilai kebudayaan kita sendiri. Jangan hanya terkesima dengan apa yang kita lihat dari luar sana, tetapi marilah juga kita perkenalkan apa yang kita punya kepada mereka yang ada di luar sana. Terimakasih Google sudah menyadarkan kami. Selamat ulang tahun ke-93 Ellya Khadam, damai di surga dan jasamu akan selalu kami kenang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hiburan Selengkapnya
Lihat Hiburan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan