Mohon tunggu...
Yuli Latriyani
Yuli Latriyani Mohon Tunggu... terus belajar

pelayan masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Program Masyarakat Mandiri Bersama Rumah Zakat

26 November 2020   00:27 Diperbarui: 26 November 2020   00:32 16 0 0 Mohon Tunggu...

Pada masa Kebiasaan Baru ini, masyarakat dituntut untuk selalu menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan. Pandemi ini menyebabkan aktifitas masyarakat terbatas dan segala kegiatan terhambat, terutama dalam pendidikan dan pekerjaan. Kegiatan belajar mengajar berubah menjadi secara daring sehingga anak-anak merasa kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Pada masa pandemi ini banyak warga masyarakat kehilangan pekerjaan sehingga kegiatan masyakarat banyak dihabiskan di rumah dan ekonomi menjadi terganggu.

Di Dsn Karangduren Desa Sidorejo Kec. Tegalrejo Kab. Magelang Mahasiswa UNIMMA melaksanakan kegiatan Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) bekerja sama dengan Rumah Zakat Desa Sidorejo dalam kegiatan pendampingan program masyarakat mandiri untuk memberdayakan masyarakat agar menjadi produktif kembali. Kegiatan pendampingan dilaksanakan oleh tim PPMT yang terdiri dari Arif Wiyat Purnanto, M.Pd sebagai Ketua Tim dan Dosen Pembimbing, dan 5 Mahasiswa program studi PGSD dan Program studi Ilmu Hukum yaitu Karimatul Nur Khasanah, Zuli Mulyani, Ratna Guntari, Ratnaningsih dan Yuli Latriyani.

Rumah zakat merupakan World Digital Charity Organization yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Rumah Zakat menghadirkan Desa Berdaya sebagai proses pemberdayaan wilayah binaan berdasarkan pemetaan potensi lokal. Program pemberdayaan di Desa Berdaya direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu: a) Senyum Juara (pendidikan); b) Senyum Sehat (kesehatan); c) Senyum Mandiri(ekonomi); dan d) Senyum Lestari (lingkungan).

Kegiatan PPMT ini mendukung kegiatan yang dilaksanakan di Rumah Zakat yaitu Rumah Belajar yang mana melakukan bimbingan belajar dan membantu orang tua dalam mengawasi anak-anak saat melakukan pembelajaran daring, membantu menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan kegiatan lainnya agar dapat belajar secara optimal tidak melulu bermain apalagi bermain gawai. Bagi ibu-ibu PKK maupun remaja puteri dilaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan budidaya lele dalam ember (budidamber) dan budidaya tanaman holtikultura dalam rangka peningkatan ketahanan pangan dan kemandirian ekonomi skala rumah tangga. Dalam kegiatan ini juga diselingi dengan kegiatan senam bersama untuk kebugaran agar tetap sehat dan tetap vit.

"Kegiatan ini sangat baik dan diharapkan tetap dapat berkelanjutan sehingga manfaatnya dapat dirasakan dan tidak berhenti hanya sampai selesai kegiatan PPMT namun ada kerjasama yang berkesinambungan antara universitas dengan Rumah Zakat untuk kesejahteraan masyarakat sekitar," tutur Pak Solikhin, Pimpinan Rumah Zakat wilayah Sidorejo Tegalrejo.

VIDEO PILIHAN