Mohon tunggu...
Yulicia
Yulicia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta, prodi Ilmu Komunikasi

ayok kenalan, pepatah bilang tak kenal maka tak sayang kalau udah kenal boleh panggil sayang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia Hadir di Era New Media!

20 September 2021   01:19 Diperbarui: 20 September 2021   01:32 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jurnalisme Online dan Jurnalisme Multimedia Hadir di Era New Media!
jurnalisme-kurasi-kemalasan-wartawan-menggapai-sumber-u07zje8jpf-61477e590101901f4343bb32.jpg

                                                                                                                               (Sumber: Alinea.ID)

Jurnalisme Online

Jurnalisme online merupakan suatu kegiatan jurnalistik yang dilakukan secara daring atau online. Kegiatan jurnalistik ini mengandalkan jaringan internet. Kebanyakan masyarakat menggunakan berita online karena mudah diakses kapan saja dan dimana saja.

Menurut Pavlik (dalam Aryani, 2011), jurnalisme online merupakan jurnalisme konstektual yang menggunakan tiga skill komunikasi yang cukup unik yaitu kemampuan bermultimedia dalam platform digital, berkomunikasi secara online, dan menggunakan fitur-fitur yang didatanya.

Jurnalisme online biasanya dikemas dengan bentuk tulisan yang disertai dengan gambar dan video. Biasanya jurnalisme online di unggah di World Wide Web (WWW). Sehingga membuat masyarat mudah untuk mengakses hanya dengan menggunakan internet.

Kini media cetak juga semakin berkurang karena adanya berita online yang tersedia. Dimana hanya menggunakan internet dan tidak perlu menunggu beberapa waktu untuk mendapatkan informasi tersebut. Dimana berita online diakses dengan cepat dan mudah dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Jurnalisme Multimedia

Memang tidak banyak ditemukan perbedaannya jurnalisme multimedia dengan jurnalisme online. Namun jurnalisme multimedia merupakan salah satu bagian dari jurnalisme online. Tidak sebaliknya jurnalisme online belum tentu jurnalisme multimedia.

Jurnalisme multimedia juga di kemas menerik dengan tersedianya suatu artikel yang dilengkapi dengan gambar, video, suara, dan infografis. Hal ini membuat perbedaan jurnalisme multimedia dan jurnalisme online tidak tampak perbedaannya.

Jurnalisme multimedia dulu muncul di televisi, namun menurunnya penonton televisi karna tidak dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Kini muncul live stream televisi menggunakan smartphon, dimana kemajuan teknologi membuat kemudahan bagi manusia.

Kini tayangan televisi seperti berita ataupun program-program televisi kini dapat diakses menggunakan internet. Memudahkan masyarakat untuk bisa menonton berita ataupun program televisi dengan mudah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan