Mohon tunggu...
yulianti
yulianti Mohon Tunggu... Mahasiswa PAI UMB

Saya bukan penulis seperti jurnalis, bukan pula pujangga puitis yang romantis. Tetapi saya adalah mahasiswa yang humoris dan minimalis yang merintis di dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Rancangan Perkembangan Pendidikan di Indonesia

22 Juli 2021   23:20 Diperbarui: 22 Juli 2021   23:27 76 2 0 Mohon Tunggu...

Sibuknya kita dengan gencaran dunia tentang covid 19, tanpa disadari dunia pendidikan mengalami perkembangan di berbagai aspek. Perkembangan tersebut ada kelebihan dan kekurangan dan entah menjadi lebih baik, sedang, atau menjadi menurun. keberhasilan suatu pendidikan yaitu tergantung dari keselarasan antara sistem pendidikan dengan sumber daya manusia pendidikan yang baik.

Sistem pendidikan teori dari kurikulum pembelajaran, dan sarana dan prasarana. Di dalam kurikulum Indonesia mengalami pergantian yang diawali dulu kurikulum 1994 beralih ke kurikulum 2004.

Dari kurikulum 2004 menjadi KTSP 2006, setelah itu muncullah kurikulum 2013 bahkan direvisi lagi di 2016. di dalam segi kurikulum Indonesia mengalami beberapa pergantian hal tersebut menimbulkan pendidikan Indonesia sulit dipahami oleh guru atau siswa terhadap bergantinya kurikulum.

Karena di bergantinya kurikulum menimbulkan sulit untuk dipahami oleh guru atau siswa karena kurikulum itu tidak mudah ditarik dan dilepaskan untuk penerapan harus ada penyesuaian. di dalam pembelajaran terdapat metode dan sarana untuk menunjang suatu pendidikan berjalan dengan baik adanya metode untuk lebih mudah dalam proses, adanya sarana dan prasarana yang merata dan baik untuk menunjang kerberhasilan suatu proses pembelajaran. Jika dalam SDM atau sumber daya manusia yaitu terdiri dari guru, tenaga pendidikan, partisipasi masyarakat, dan kebijakan pemerintah.

Dari segi guru yaitu mendidik, membimbing, siswa untuk belajar, data guru memiliki tanggung jawab atas dalam pengajarannya dan bertanggung jawab pula kepada penerapan kebijakan dari pemerintah.

Dari segi masyarakat yaitu berpartisipasi pada sekolah, seperti dari segi finansial menyumbangkan dana, material yaitu sumbangan bahan-bahan berbentuk fisik, dan mendukung kegiatan akademik seperti pengawasan di luar sekolah terhadap anak didik. Dari segi adanya kebijakan pemerintah yaitu sebagai pendorong dan motivasi serta fasilitator bagi masyarakat agar menuju ke arah yang lebih baik.

Jadi pendidikan yang lebih baik adalah keselarasan instrumen sistem pendidikan dengan sumber daya manusia. Agar terciptanya pendidikan yang lebih baik.

VIDEO PILIHAN