Mohon tunggu...
Veronica Yuliani
Veronica Yuliani Mohon Tunggu... Guru bahasa yang jatuh cinta dengan cello, panflute, dan violin.

Bercerita tentang hal-hal sederhana yang orang lain belum sempat tuliskan

Selanjutnya

Tutup

Digital

Fitur Game Bar untuk Pembelajaran Online

26 Maret 2020   14:41 Diperbarui: 26 Maret 2020   15:02 39 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fitur Game Bar untuk Pembelajaran Online
tampilan game bar. dok pribadi

Salah satu dampak dari wabah corona adalah kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan. Semua pembelajaran harus dilakukan secara online. Ada banyak aplikasi yang digunakan untuk membantu melakukan pembelajaran online, diantaranya adalah google classroom, zoom, hangouts meet.

Sekolah kami memilih menggunakan platform yang disediakan oleh google, yakni google classroom dan juga hangouts meet . Kebetulan dua tahun sebelum terjadi wabah corona sebagian besar guru di sekolah kami sudah menggunakan google classroom.

Aplikasi zoom dan hangouts meet jika kita akan menggunakannya secara lebih leluasa dan maksimal maka kita perlu membayar. Nah, tahukah Anda bahwa ada satu fitur gratis yang disediakan oleh windows 10 yang sebenarnya bisa kita manfaatkan juga sebagai sarana untuk pembelajaran online.

Fitur ini bernama Game Bar. Fitur game bar itu sendiri merupakan software yang disertakan dengan Windows 10, di mana ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dan merekam serta menyiarkan video game secara langsung.

Sekalipun fungsi utama atau awalnya digunakan untuk merekam permainan game tetapi fitur ini bisa kita gunakan juga untuk merekan segala sesuatu yang kita tampilkan dilayar laptop atau monitor kita. Tidak hanya tampilan word, power point, website, tetepi juga bisa untuk merekam video. Menariknya suara kita ikut terekam ketika kita menjelaskan apa yang sedang kita tampilkan. Jadi kita tidak perlu repot-repot melakukan syuting video pembelajaran.

Cara untuk memunculkan fitur game bar ini cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan tombol logo windows dan huruf G, maka fitur itu akan otomatis keluar dan siap kita gunakan.

Untuk memulai merekam maka kita hanya perlu menekan tombol bulat berwarna putih. Pastikan bahwa mikrofon dalam kondisi hidup atau on. Jika mikrofon dalam kondisi off atau mati, maka kita bisa mengaktifkannya dengan cara mengklik dua kali symbol mikrofon dan mengikuti petunuk selanjutnya. 

Untuk menghentikan kegiatan merekam kita hanya perlu menekan tombol kotak di sebelah kanan. Ketika rekaman dihentikan disebelah kanan layar otomatis akan memunculkan hasil dari rekaman kita.

Satu kelemahannya fitur game bar ini adalah kita tidak bisa pindah ke file lain, jadi hanya bisa menampilkan file yang sudah kita buka dan kita tampilkan di layar laptop kita dari halaman pertama hingga halaman terakhir. 

Jika kita ingin menampilkan dan pindah ke file lain kita bisa merekam ulang. Jadi, jika bahan atau materi ajar kita terdiri dari beberapa file maka kita bisa melakukan beberapa kali rekaman dan menggabungkan videonya melalui situs-situs gratis di internet. Baru kemudian kita share di google classroom.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN