Mohon tunggu...
Yuliana Prasiska
Yuliana Prasiska Mohon Tunggu... MAHASISWA

ManJadda WaJadda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sinyal Lelet hingga Gagal Fokus Saat Kuliah Online

27 Januari 2021   19:13 Diperbarui: 27 Januari 2021   19:18 32 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sinyal Lelet hingga Gagal Fokus Saat Kuliah Online
tangkapan layar

Kegiatan belajar mengajar (KBM) melalui sistem daring atau online saat ini tengah gencar, diterapkan sekolah dan perguruan tinggi di masa wabah virus corona.


Ini diterapkan untuk menghindari tatap muka, dan berkerumun di kelas yang justru mempermudah penyebaran virus covid-19. Namun, tak jarang mahasiswa menemui kendala ketika menjalani kuliah online.  Selain karena terkendala jaringan internet yang lelet juga pada materi yang dipelajari membuatnya terkadang gagal paham.

Kesulitan sih pasti ada, terutama pas dosen kasih materi terus langsung kasih tugas. Jadi kita nggak paham materi.  Meski kadang dosen juga kasih penjelasan melalui pesan suara. Terus kadang juga tugasnya langsung dikumpul saat itu juga, kan kadang jaringan suka nggak bersahabat Tak jarang karena kendala ini, dirinya kedodoran mengumpulkan tugas.

Jadi menurut saya kurang efisien kalau cuma kasih materi tanpa video pembelajarannya juga. Dan kalau kuliah online ini juga kasihan yang tinggal agak jauh dari kota yang juga susah sinyal, karena waktu itu banyak teman-teman aku juga yang telat mengumpulkan kuis online karena di daerahnya susah sinyal. Tapi kalau tugas nggak masalah, kadang ada dosen yang belum menjelaskan, tetapi tiba-tiba kasih tugas.

Penulis: Yuliana Prasiska, Mahasiswa STISIP WIDURI

VIDEO PILIHAN