Mohon tunggu...
Yulia Kusuma
Yulia Kusuma Mohon Tunggu... BISMILLAH

YULIA K

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kelompok 74 Gel 04 PMM UMM: KBM Bahasa Inggris dan Membaca terhadap Anak Sekolah Dasar di Desa Nisa, Woha, NTB

5 Mei 2021   20:31 Diperbarui: 5 Mei 2021   20:38 119 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kelompok 74 Gel 04 PMM UMM: KBM Bahasa Inggris dan Membaca terhadap Anak Sekolah Dasar di Desa Nisa, Woha, NTB
Dok. pribadi

Di era global seperti sekarang ini, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasional seperti Bahasa Inggris sudah sangat tersebar luas, sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa Inggris agar bisa mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini. Bahasa inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini merupakan bahasa Internasional dunia. Begitu pula saat orang-orang dari bangsa yang berbeda saling bertemu, bahasa Inggris adalah satu-satunya bahasa penghubung yang digunakan oleh mereka.

            Kurangnya pengetahuan anak Sekolah Dasar dalam berbahasa Inggris, mengakibatkan mereka kurang paham dalam berbicara maupun membaca. Maka dari itu Mahasiswa kelompok 4 PMM Universitas Muhammadiyah Malang dengan Dosen Pendamping Lapangan Ibu Putri Saraswati, S.Psi., M.Psi  mendirikan sebuah les untuk belajar membaca dan berbahasa Inggris terkhusu untuk siswa sekolah dasar, di karenaka di desa Nisa masih minim dan krang sekali siswa yang belum membaca dan berbahsa inggris. Adanya kegiatan les membaca dan belajar bahasa Inggris ini gunanya sebagai bentuk perwujudan dari pengabdian masyarakat. Dan faktor lain yang melatarbelakangi pengadaan les membaca dan bahasa inggris ini, karena kondisi lingkungan masyarakat Nisa yang seringkali tidak adanya pengajaran di rumah dan melihat sebagian besar murid sekolah dasar banyak berkeliaran dan bermain saja dan kami ingin mengembangkan pengetahuan anak sekolah dasar dalam berbahsa inggris dan membaca tujuan utama yang menjadi faktor paling penting.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
            Dari minimnya pengetahuan siswa -siswi SD Nisa dalam berbahasa inggris dan membaca, dapat menjadi peluang untuk memberdayakan siswa-siswi sekolah dasar lebih cepat memahami dan mahir dalam hal membca dan berbahsa Inggris. Oleh karena itu Kelompok PMM UMM mendirikan kegiatan dalam bentuk les untuk pembelajaran bahasa inggris dan membaca.  Dan dalam kegiatan kami ini Jika kamu masih duduk dibangku sekolah maupun kuliah, maka kamu mempunyai kesempatan untuk mempelajari dan menguasai bahasa Inggris.

Hal ini menyiratkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam peningkatan kualitas bahasa Inggris sumber daya manusianya. Pendekatan yang masif dan pembangunan kesadaran akan peran bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang paling banyak digunakan di dunia merupakan hal yang dibutuhkan sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Mempelajari bahasa ini bukan lagi menjadi satu kewajiban untuk mendapatkan nilai atau peringkat yang bagus di sekolah, namun juga sebagai pertahanan dalam menghadapi arus globalisasi yang kian menantang. Bahasa Inggris dapat membuka akses akan aset tanpa batas yang dibutuhkan oleh orang-orang di Indonesia. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Dewasa ini, dengan kemudahan teknologi dan kompetisi yang semakin meningkat di sektor pendidikan komersil, seharusnya generasi penerus bangsa mempunyai banyak kesempatan untuk memperbaiki kualitas masing-masing. Dalam memilah sumber pendidikan atau calon pengajar, patut diperhatikan cara mengajar yang paling efektif untuk perkembangan diri para peserta didik.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x