Mohon tunggu...
Yulia El Milla
Yulia El Milla Mohon Tunggu... Dosen Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Surabaya

Education Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Lintas Negara, Lintas Inovasi: Unesa Latih Mahasiswa Malaysia Rancang Pembelajaran Berbasis Problem-Posing

31 Juli 2025   12:07 Diperbarui: 31 Juli 2025   12:27 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Workshop Pemanfaatan Teknologi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika oleh Dr. Ali Shodikin, M.Pd. dan Shofan Fiangga, M.Sc. (Sumber: SugiHartono)

Sebagai bentuk kontribusi akademik dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru, tim dosen Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Internasional bertajuk "Diseminasi Pembelajaran Pengajuan Masalah (Problem-Posing) Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis bagi Mahasiswa Calon Guru Malaysia."

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama antara Unesa dan Universiti Malaya, serta diikuti oleh puluhan mahasiswa dari program pendidikan matematika. Pelaksanaan kegiatan dibagi dalam dua hari, yakni pada 17 dan 30 Juni 2025 secara daring melalui Zoom Meeting.

Pembukaan oleh Dekan FMIPA Unesa (Sumber: SugiHartono)
Pembukaan oleh Dekan FMIPA Unesa (Sumber: SugiHartono)

Hari pertama, tanggal 17 Juni 2025, kegiatan dimulai dengan sambutan dari tiga pihak utama, yaitu Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa yaitu Prof. Dr. Wasis, M.Si., Wakil Dekan Fakultas Pendidikan Universiti Malaya yaitu Associate Prof. Dr. Hutkemri Zulnaidi, serta Ketua Tim Pengabdian yaitu Prof. Dr. Tatag Yuli Eko Siswono, M.Pd. Setelah pembukaan, sesi materi dimulai dengan topik pembelajaran problem-posing yang dipandu oleh Prof. Dr. Tatag Y. E. S. dan difasilitatori oleh Dr. Hutkemri di Universiti Malaya. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi kedua mengenai pemanfaatan teknologi GeoGebra dalam pembelajaran matematika, dengan pemateri Dr. Ali Shodikin, M.Pd. dan Shofan Fiangga, M.Sc.  Setiap sesi disertai dengan tanya-jawab interaktif yang memungkinkan peserta memperdalam pemahaman mereka terhadap materi.

Topik Pembelajaran Problem-Posing oleh Prof. Dr. Tatag Y. E. S. (Sumber: SugiHartono)
Topik Pembelajaran Problem-Posing oleh Prof. Dr. Tatag Y. E. S. (Sumber: SugiHartono)

Workshop Pemanfaatan Teknologi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika oleh Dr. Ali Shodikin, M.Pd. dan Shofan Fiangga, M.Sc. (Sumber: SugiHartono)
Workshop Pemanfaatan Teknologi GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika oleh Dr. Ali Shodikin, M.Pd. dan Shofan Fiangga, M.Sc. (Sumber: SugiHartono)

Hari kedua, yaitu tanggal 30 Juni 2025, difokuskan pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan penerapan problem-posing dalam bentuk rancangan pembelajaran. Materi sesi pertama disampaikan oleh Dr. Agung Lukito dan dimoderatori oleh Dr. Lestariningsih, M.Pd. yang membahas konsep dan indikator berpikir kreatif dalam konteks pendidikan matematika. Sesi kedua dilanjutkan dengan workshop pembuatan rancangan pembelajaran berbasis problem-posing, yang dipandu oleh tim dosen lintas institusi, yakni Dr. Abdul Haris Rosyidi dari Unesa dan Dr. Sunyoto Hadi Prayitno dari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Peserta diberikan arahan, panduan, serta studi kasus dalam menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan problem-posing dan teknologi digital.

Topik Konsep dan Indikator Berikir Kreatif dalam Konteks Pendidikan Matematika oleh Dr. Agung Lukito (Sumber: SugiHartono)
Topik Konsep dan Indikator Berikir Kreatif dalam Konteks Pendidikan Matematika oleh Dr. Agung Lukito (Sumber: SugiHartono)

Workshop Pembuatan Rancangan Pembelajaran Berbasis Problem-Posing oleh Dr. Abdul Haris Rosyidi dan Dr. Sunyoto Hadi Prayitno (Sumber: SugiHartono)
Workshop Pembuatan Rancangan Pembelajaran Berbasis Problem-Posing oleh Dr. Abdul Haris Rosyidi dan Dr. Sunyoto Hadi Prayitno (Sumber: SugiHartono)
Rangkaian kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan teoretis, tetapi juga memberikan pengalaman praktik bagi peserta. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui sesi tanya jawab, diskusi interaktif, serta penugasan mandiri pasca kegiatan. Para peserta menunjukkan antusiasme tinggi, terlihat dari keaktifan dalam diskusi dan refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang telah dipaparkan.

Peserta Hari Kedua (Sumber: SugiHartono)
Peserta Hari Kedua (Sumber: SugiHartono)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun