Mohon tunggu...
Yuliyanti
Yuliyanti Mohon Tunggu... Wiraswasta - Yuli adja

Yuliyanti adalah seorang Ibu Rumah Tangga memiliki kesibukan mengurus bisnis keluarga, Leader paytren, Leader Treninet. Sebagai penulis pemula telah meloloskan lima antologi. Penulis bisa ditemui di IG: yuliyanti_leader_paytren

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Meneladani Sifat Rasulullah SAW dengan Cara Berdagang yang Seimbang

21 Oktober 2021   12:35 Diperbarui: 21 Oktober 2021   20:19 169 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi: Suara Merdeka

Hampir semua ummat muslim di dunia memperingati Maulid Nabi, yaitu kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wassalam, yang jatuh pada tanggal 12 Rabi'ul Awwal(kalender Hijriyah), bertepatan pada hari selasa 19 Oktober 2021 pada kalender Masehi.

Bagi ummat muslim, memperingati Maulid Nabi merupakan ungkapan rasa cinta dan hormat sebagai pengingat akan kebesaran dan keteladanan Rasulullah SAW.

Sebagai muslim kita sepatutnya meneladani sifat-sifat, perilaku dan tutur kata Nabi Muhammad SAW.

Salah satu sifatnya yang amat dikagumi sejak remaja, hingga membuat kaum Quraisy memberikan gelar "Al Amiin"(orang yang dapat dipercaya) karena sifat jujur dan lurus dalam keseharian maupun dunia usaha.

Selain menyebarkan ajaran agama islam, Rasulullah juga dikenal sebagai pebisnis yang memiliki nilai-nilai kejujuran dan dapat dipercaya.

Sebagai pedagang, Rasulullah SAW sangat amanah, jujur, profesional, namun gigih dalam menjalankan kegiatan usahanya. Beliau tidak mengurangi hak orang orang lain dan berpegang teguh dalam tuntunan Al-Qur' an.

Sebagaimana Allah Subhaanahu Wa Ta'alaa sampaikan dalam firman-Nya: Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu.
Sempurnakanlah takaran timbangan, dan jangan kamu merugikan orang sedikit pun. Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang
beriman. (QS. Al A'raf ayat 85)

Kejujuran kunci dari kesuksesan

Melansir dari ekonomy.okezone.com- Sebagai muslim, kita sepatutnya meneladani sifat Nabi. Meski belum sepenuhnya bisa, setidaknya mencontoh salah satu perilaku Nabi dan dijadikan pedoman hidup.

Misalnya dalam dunia usaha; Supaya Harta Hasil Berdagang Jadi Melimpah nan Berkah ala Nabi Muhammad SAW.

Rasulullah SAW merupakan sosok yang jujur dan dapat dipercaya, dalam berbisnis, beliau selalu menepati janjinya.

Begitu pula dalam menyerahkan atau mengirimkan barang sesuai pesanan selalu tepat waktu. Pula mengutamakan kualitas barang yang telah dipesan dan disepakati sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan