Mohon tunggu...
Yuli Anita
Yuli Anita Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan pernah berhenti untuk belajar

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Cerita tentang Dua Alun-Alun di Kota Malang

8 Juli 2022   21:44 Diperbarui: 10 Juli 2022   19:12 555 42 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Alun-alun Malang.| WIKIMEDIA COMMONS/CHRISTOPHE95 via Kompas.com

Sore itu cuaca begitu cerah. Langit biru bersih tanpa awan, mentari menyapa kedatangan kami dengan sinarnya yang lembut. Ya, hari itu kami berjalan-jalan ke alun-alun Kota Malang.

Tentang Alun-alun

Hampir disetiap kota di Indonesia bisa dijumpai alun-alun. Misalnya di Yogyakarta, Banten, Lamongan, Tuban, Malang dan banyak lagi.

Kata alun-alun berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti lapangan terbuka yang luas dan berumput yang dikelilingi oleh jalan yang dapat digunakan untuk masyarakat berkegiatan.

Alun-Alun Merdeka, Sumber gambar : Mongabay
Alun-Alun Merdeka, Sumber gambar : Mongabay

Dari zaman ke zaman alun-alun menjadi tempat bagi kegiatan warga sekitarnya. Di masa lalu alun-alun pernah dijadikan tempat melakukan doa persembahan bagi warga yang akan mulai bercocok tanam, tempat melakukan pepe yaitu tradisi mengungkapkan aspirasi dari rakyat pada rajanya.

Di zaman kerajaan Islam alun-alun menjadi tempat melakukan sholat atau kegiatan keagamaan dan fungsi alun-alun terus berkembang menjadi pusat pemerintahan dan kegiatan kebudayaan. 

Sehubungan dengan alun-alun, ada yang menarik di kota Malang , yaitu ada dua alun-alun di kota ini. Yang pertama adalah Alun-Alun Merdeka yang berlokasi di Jl. Merdeka dan Alun -Alun Bunder yang berada tepat di depan Balai Kota. 

Berkunjung ke Alun-Alun Merdeka

Berfoto di Alun-Alun Merdeka, dokumentasi pribadi
Berfoto di Alun-Alun Merdeka, dokumentasi pribadi
Wajah-wajah ceria tampak di mana-mana. Beberapa orang tampak berfoto-foto, yang lain duduk-duduk di bawah pohon-pohon besar sambil merasakan segarnya suasana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan