Mohon tunggu...
YULI ASTUTI
YULI ASTUTI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

memasak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Sampah Plastik di Laut Menumpuk! Mahasiswa KKN Undip Serukan Bijak Membuang Sampah

11 Agustus 2022   18:25 Diperbarui: 2 September 2022   19:06 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Blora  (31/7/2022) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2022 melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sogo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Program kerja yang dibuat yaitu Bijak dalam membuang sampah.

Sasaran program kerja ini yaitu warga, remaja dan masyarakat sekitar Desa Sogo. Membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau tidak sedap, mendatangka banjir dan berbagai penyakit. Masih ditemukan sampah di pinggiran sungai dan pada sungai yang akibat ulah manusia yang membuang sampah sembarang.

Kegiatan dilakukan pada hari minggu 31 Juli 2022, tempat di Taman Desa Sogo. Lokasi dipilihan karena disebarang jalan terdapat aliran sungai yang terdapat sampah rumah tangga. Sosialisasi dilakukan untuk memberikan pengetahuan lebih mengenai bahayanya membuang sampah disungai. 

Sosialisasi dilakukan dengan remaja Desa Sogo, diharapkan setelah mendapat sosialisasi bisa mempraktikkan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat sekitar tentang bahayanya membuang sampah yang akan menyebabkan menumpuknya sampah di lautan.

Pemerintah sudah membuat aturan mengenai masalah pembuangan sampah disembarang tempat, apalagi pada aliran sungai dapat menyumbat jalannya air sungai dan telat menetapkan sanksi bagi pelaku. Namun masyarakat tetap acuh terhadap peraturan tersebut dan mengotori lingkungan sekitar dengan kebiasaan membuang sampah sembarangan. 

Membuang sampah di sungai dapat membuat sungai tersumbat dan akan menyebabkan banjir ketika musim hujan apalagi dalam curah hujan yang tinggi. Sampah yang dibuang pada aliran sungai akan sampai ke laut sehingga juga menyebakan menumpuknya sampah laut yang berasal dari kegiatan rumah tangga.

Pemberian poster tentang bahayanya membuang sampah di sungai serta solusi untuk membuang sampah yang benar. Diharapkan dapat membantu akan kesadaran warga sekitar tidak membuang sampah disungai lagi.

Dokpri
Dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun