Mohon tunggu...
Yuhan HaniDarul
Yuhan HaniDarul Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Ingin menjadi sebaik-baiknya manusia yang bermanfaat bagi manusia yang lain dalam kebaikan, menyukai hal-hal berbau seni dan games, mengganggap Matematika ilmu untuk training otak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik Rekognisi: PKM Media Pembelajaran Circle Box

30 September 2021   18:45 Diperbarui: 30 September 2021   18:46 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mahasiswa dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Keterampilan tersebut tercermin melalui kemampuan mahasiswa dalam menemukan solusi dalam permasalahan yang terjadi. Salah satu dari tridarma perguruan tinggi yang merupakan kewajiban perguruan tinggi yaitu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat. 

Berbekal pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa diharapkan dapat mampu memberi solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Salah satu wadah yang disediakan pemerintah agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif atas permasalahan atau pengalaman di luar kampus, diadakan lah kegiatan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Melalui kegiatan ini saya bersama tim melakukan observasi atas permasalahan pendidikan Matematika yang terjadi. Dengan pentingnya ilmu matematika serta dukungan program Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga memiliki target dalam pengembangan kualitas pendidikan termasuk untuk penyandang disabilitas pada tujuan 04, yaitu Quality Education. 

Tim melakukan observasi di SLBN A Citeureup Kota Cimahi, berdasarkan diskusi yang dilakukan bersama perwakilan pendidik dari SLBN A Citeureup Kota Cimahi selaku mitra dalam kegiatan ini, terdapat kendala yang dihadapi oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran matematika, yaitu materi Geometri dan Pengukuran terkhusus pada sub materi bangun datar lingkaran. 

Oleh karena itu, sangat dibutuhkan pengembangan media pembelajaran untuk membantu meningkatkan kreativitas, kemandirian, serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan dengan cara yang menarik dan mudah dilakukan sendiri. Sehingga melalui kegiatan tersebut, tim PKM memiliki tujuan mengimplementasikan media pembelajaran Circle Box di SLBN A Citeureup Kota Cimahi. 

Kemudian diharapkan Teman netra dapat memanfaatkan Circle Box untuk menunjukkan unsur-unsur dan sifat-sifat lingkaran dan sekolah dapat memfasilitasi proses pembelajaran pada materi unsur-unsur dan sifat-sifat lingkaran melalui media pembelajaran Circle Box.

Tim melalui berbagai rangkaian kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan PKM tersebut. Tim melakukan penetapan sekolah sasaran, analisis masalah (kendala) dalam pembelajaran Matematika bersama mitra, perancangan solusi, pelatihan mengenai media pembelajaran bagi pendidik, pembuatan media pembelajaran Circle Box, Sosialisasi media pembelajaran Circle Box, dan penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran Circle Box.

Media pembelajaran yang dirancang memiliki struktur permukaan yang beragam untuk menunjukkan setiap unsur pada lingkaran dan mengeluarkan suara sesuai nama unsur lingkaran apabila ditekan pada permukaan suatu bagian lingkaran tersebut. Media pembelajaran ini juga dilengkapi komponen yang dapat mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan secara deduktif sifat-sifat lingkaran.

 Circle Box didukung dengan perangkat micro-controller arduino yang dibuat oleh tim sebagai solusi dalam meningkatkan pemahaman unsur-unsur dan sifat-sifat lingkaran.

 Media pembelajaran ini berbentuk balok yang terdiri dari dua lantai. Hasil implementasi media pembelajaran ini diterapkan pada peserta didik tunanetra di SLBN A Citeureup Kota Cimahi dalam pembelajaran unsur-unsur dan sifat-sifat lingkaran serta diperoleh hasil yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media pembelajaran Circle Box.

Untuk saran kegiatan pengabdian selanjutnya, pembuatan media pembelajaran Matematika untuk teman netra dapat lebih dikembangkan pada materi dan tingkat sekolah yang berbeda serta dapat lebih memaksimalkan manfaat dari platform Arduino. Keberlanjutan dengan mitra diharapkan mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Pendidikan Indonesia dapat mengembangkan kreativitasnya untuk teman-teman dengan hambatan-hambatan lainnya.

#KKNUPI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun