Mohon tunggu...
Yudistira Pratama
Yudistira Pratama Mohon Tunggu... Sang Pemimpi(n)

Lantang tanpa suara!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Belajar untuk Peduli dengan Sesama di Tengah Bencana Virus Corona

5 April 2020   11:34 Diperbarui: 5 April 2020   11:45 96 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar untuk Peduli dengan Sesama di Tengah Bencana Virus Corona
Sumber : Suar.id

Akhir - akhir ini beredar sebuah video viral aksi seorang kakek yang berprofesi sebagai pengusaha catering dari Kota Solo, Jawa Tengah yang membagikan sembako dan uang kepada masyarakat kurang mampu disekitar lingkungannya. 

Aksi itu dilakukan oleh Habib Hasan Mulachela dikarenakan keprihatinannya melihat kondisi masyarakat kalangan bawah yang merasakan langsung dampak dari wabah virus corona (covid - 19) yang tengah melanda negeri ini.

Kita ketahui bersama bahwa virus corona (covid - 19) tidak hanya menyerang kesehatan seseorang tapi juga menyerang perekonomian masyarakat di suatu negara terutama masyarakat kelas menengah kebawah.

Pasar tradisional maupun pasar modern sebagai pusat perekonomian masyarakat di berbagai daerah yang ada di Indonesia kini tampak sepi dikarenakan masyarakat dihantui rasa takut akan tertular virus covid - 19 bila terlalu banyak beraktivitas di luar rumah.

Walhasil banyak rumah makan sepi pengunjung, abang - abang ojek konvensional kosong penumpang, adik - adik kecil yang biasanya menjajakan kantong plastik untuk membantu kaum emak - emak membawa belanjaan sehabis berbelanja kebingungan mencari makan.

Padahal pada hari - hari biasa saja (sebelum corona menyerang) kehidupan mereka sudah susah, penghasilan yang dibawa kerumah hanya cukup untuk makan selama satu hari, belum lagi bagi mereka yang ingin anaknya sekolah agar bisa memperbaiki taraf hidup keluarga harus bekerja lebih keras dari biasanya, apalagi ditengah - tengah situasi seperti sekarang ini?.

Kembali pada pembahasan tentang Pak Habib Hasan Mulachela seorang pengusaha catering yang tengah viral akhir - akhir ini, sebuah video wawancara beliau (klik untuk melihat video) yang disiarkan oleh salah satu stasiun tv swasta membuat hati saya sangat terenyuh. 

Di dalam video tersebut sesekali beliau menangis tersedu berulang kali karena prihatin dengan kondisi masyarakat kurang mampu di sekitar lingkungnnya.

"Masyarakat yang tidak kerja ini, abang - abang becak yang setiap hari hanya nongkrong gak ada penumpangnya, mereka pulang tidak bisa bawa apa - apa untuk keluarganya" pungkas Pak Hasan sambil tersedu saat diwawancarai. 

Dalam wawancara itu pula beliau menyampaikan harapannya agar seluruh masyarakat Indonesia dapat bersatu, terutama yang memiliki kemampuan ekonomi yang memadai semoga bisa terinspirasi dari apa yang ia lakukan.

Bagi saya aksi inspiratif yang dilakukan oleh Pak Hasan ini sangat layak untuk diacungi jempol, terlebih beliau melakukan aksinya tanpa ada unsur politis dan melakukannya semata - mata sebagai bentuk solidaritas kepada sesama umat manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN