Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Timor-Leste Sudah TV Digital Meski Dibantu China

3 November 2022   13:25 Diperbarui: 3 November 2022   13:35 463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dubes China  Xiao Jianguo  di Upacara Peluncuran Sistem Transmisi Proyek Peragaan TV Digital Bantuan di Timor Timur : Sumber: xinhua.silkroad.net

Menurut sebuah berita online tanggal 01 Nopember lalu   dikatakan di ASEAN hanya Indonesia dan Timor Leste yang belum televisi digital.

Namun berbeda dengan sebuah berita People's Daily Online, 27 Mei 2022 bahwa Timor Leste telah siaran Digital sejak tahun 2021 

Jika benar, Indonesia saja yang belum dan hendaknya lebih memacu minat kita untuk beralih ke TV Digital.

Iya, Timor Leste, telah  menonton Jaringan Televisi Global China dan  mendapat manfaat dari proyek percontohan sistem transmisi TV digital terestrial bantuan Tiongkok.

Disebut sebagai "Proyek Demonstrasi" yang diluncurkan pada tahun 2021 dengan bantuan Tiongkok, Timor Timur memiliki sistem TV digital sendiri. 

Gelombang pertama lebih dari 200.000 orang di ibu kota Dili dan sekitarnya, terutama penduduk di daerah terpencil, dapat menonton program TV digital dengan gambar yang jelas secara gratis. 

Di antara 22 set program TV digital definisi tinggi yang  disiarkan oleh sistem TV digital, selain Televisi Nasional Timor-Leste tidak lupa juga  5 set program dari China.

Penduduk Timor Leste menonton  TV China CGTN, CCTV-4, dan TV Satelit Beijing, termasuk film dokumenter, kartun, serial TV,

Tentu saja banyak  berita tentang Tiongkok dan sebagainya. Tidak diketahui apa itu berbahasa China dan bagaimana bisa "menarik menonton" jika tidak dapat mengerti bahasanya tidak dijelaskan dalam berita itu. 

Jelasnya TV digital Proyek ini mengadopsi standar DTMB/DTMB-A yang direkomendasikan oleh International Telecommunication Union (ITU)

Ini merupakan tradisi Mark dan  hak kekayaan intelektual independen China  jaringan transmisi TV digital  Television (RTTL), yang mencakup Dili dan sekitarnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun