Mohon tunggu...
YUDI MASRAMID
YUDI MASRAMID Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis

Dari pekerja medis ke Asuransi dan BUMN....

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Malaysia Beli Pesawat Tempur India?

9 Agustus 2022   23:24 Diperbarui: 9 Agustus 2022   23:53 128 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
 Pesawat tempur ringan Tejas Angkatan Udara India. Ditawarkan ke Malaysia Foto: Reuters

Alutsista Malaysia sudah ketinggalan zaman. Sekarang ada ancaman konflik di laut Natuna atau China Selatan. Malaysia tentu berkeinginan memperkuat pertahanannya.

Malaysia berkemungkinan akan menerima tawaran India untuk membeli pesawat  tempur ringan Tejas dari India yang telah dipromosikan sebagai  model pesawat tempur ringan.

Reuters melaporkan pada tanggal 05 Agustus bahwa India telah menawarkan untuk menjual 18 jet tempur ringan Tejas ke Malaysia.

Tawaran ini cukup menggiurkan bagi Malaysia yang akan menggantikan armada pesawat tempur MiG-29 Rusia yang sudah pada tua tua. Jumlah pesawat yang akan dibeli Malaysia belum lagi jelas.

 “Negara lain yang sudah menunjukkan minat terhadap pesawat ini . Argentina, Australia, Mesir, Amerika Serikat, Indonesia, dan Filipina,” kata
Menteri Pertahanan India Ajay Bhatt.

Tejas memiliki desain sayap segitiga yang khas. Foto: AP
Tejas memiliki desain sayap segitiga yang khas. Foto: AP

Pesawat dikatakan, mampu menghadapi J-10 buatan China atau F-16 .

Pesawat tersebut, telah dikembangkan sejak tahun 1983, namun baru pada tahun 2001 Tejas lepas landas untuk pertama kalinya.

Pesawat bermesin tunggal memiliki desain sayap segitiga besar, dirancang dan dibangun di India, menggunakan mesin F404-GE-IN20 dari General Electric - USA.

Pihak India secara aktif membeli dari mesin F414 General Electric AS, memberikan pesawat dengan daya dorong hingga 13.500 kg, dua kali mesin yang diproduksi oleh India menghasilkan peralatan pada versi Mk1 dan jauh lebih bertenaga daripada mesin F404-GE-IN20

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan