Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Superhero geek

Merangkai coretan jadi tulisan dengan bantuan kopi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pengalaman Bepergian dengan Truk, Benarkah Semenyenangkan Perjalanan Bu Tejo?

24 Agustus 2020   19:29 Diperbarui: 24 Agustus 2020   19:43 158 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Bepergian dengan Truk, Benarkah Semenyenangkan Perjalanan Bu Tejo?
Dok. Youtube Ravacana Films

"Tilik"  masih menarik untuk dibahas.   

Setelah sebelumnya saya menulis "Tilik" Film Pendek Terbaik Indonesia yang Bisa Dinikmati di Youtube, saya ingin mengulas hal yang  tak kalah menarik dari karakter Bu Tejo yang begitu ikonik,  yaitu setting cerita yang ada di dalam truk.

Setting cerita dalam truk adalah hal yang tidak biasa, diakui jika proses pembuatan film Tilik berangkat dari adanya budaya masyarakat desa yang bepergian secara rombongan dengan membesuk tetangganya yang sakit, lalu ide ini dikembangkan dengan isu hoax dan karakter Bu Tejo.

Truk memang tidak dikhususkan untuk sarana transportasi,  aturan tersebut ada di PP No. 55 Tahun 2012 pasal 1 yang menjelaskan jika Truk termasuk kategori kendaraan yang diperuntukan untuk mengangkut barang dan bukan untuk mengangkut penumpang,peraturan inilah yang menjadi dasar pak polisi menilang truk milik Gotrek.

Pengalaman Naik Truk.

Saya memiliki pengalaman bepergian menggunakan truk seingat saya adalah 3 kali, pengalaman saya naik truk ini adalah sebelum tahun 2012, jadi pengalaman saya ini masih aman dan tidak melanggar hukum di masa tersebut.

Seingat saya, saya pernah bepergian 3 kali menggunakan truk, sekali waktu SD saat berangkat menuju lokasi kemah Pramuka, dua kali saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ROHIS (Rohani Islam) di waktu SMA.

Kenapa menggunakan truk?

Karena biayanya lebih murah, dibandingkan harus menyewa mini bus atau mobil pribadi, biaya menyewa truk lebih terjangkau untuk kantong para pelajar,  tapi sebenarnya bukan hanya masalah biaya, unsur "adventure" yang ada dalam perjalanan menggunakan truk ini sangat cocok untuk para pelajar.

Terpaan angin yang mengenai wajah saat bepergian dengan truk, lalu goncangan-goncangan yang terjadi saat truk melewati jalanan yang tidak mulus, adalah untuk melatih mental kita supaya kuat menghadapi arus kehidupan, tentu ini tidak diajarkan di saat kita ada di ruang kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN