Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Zero One", Kamen Rider Pembuka Era Reiwa

15 Agustus 2019   07:34 Diperbarui: 15 Agustus 2019   11:10 0 3 2 Mohon Tunggu...
"Zero One", Kamen Rider Pembuka Era Reiwa
Kamen Rider Zero One Sources; Duniaku.net

Kamen rider mungkin bukan nama yang familiar, tapi jika disebutkan satria baja hitam, pasti anak indonesia generasi 90an tahu, tokoh superhero seperti apa yang dimaksud. 

Satria baja hitam atau kamen rider black adalah seri tokusatsu jepang yang menampilkan Kotaro Minami, seorang pemuda yang bisa berubah menjadi superhero bermotif serangga dengan menggunakan sabuk yang tertanam di pinggangnya.  Satria baja hitam ini adalah bagian dari kamen rider series yang sudah dimulai penayanganya sejak tahun 1971.

Kamen Rider dari Masa ke Masa

Serial kamen rider  dimulai dari  kamen rider ichigo, seri ini ditayangkan pada era showa, sehingga banyak yang mengatakan jika  seri ini merupakan kamenrider pertama era showa.  

Era showa sendiri adalah era dimana kaisar jepang di masa itu yaitu kaisar Hirohito naik tahta, dimulai pada tahun 1926 dan diakhiri saat beliau meninggal dunia di tahun 1989.  

Era ini adalah penanda, di masa itu Jepang sedang dipimpin oleh siapa, juga untuk menunjukan zaman seperti apa yang sedang berlangsung. 

Cerita kamen rider erra showa tidak jauh bereda dengan kisah satria baja hitam, ceritanya seputar manusia diculik oleh alien yang akhirnya bisa berubah menjadi kamen rider, alur ceritanya cukup sederhana, di era tersebut teknologi CGI juga belum ada, sehingga visual effectnya masih seadanya, tetapi untuk adegan pertarungan dan darah disajikan tanpa adanya sensor.

 Era Showa  berganti dengan era heisei,kaisar baru Jepang yang terpilih adalah Akihito, era ini dimulai dari diangkatnya beliau menjadi kaisar di tahun 1989 hingga mei 2019, setelah era showa berakhir,  seri kamen rider  hiatus untuk waktu yang cukup lama, kamen rider terakhir era showa yang ditayangkan hingga 1989 adalah kamen rider black RX atau "satria baja hitam RX" yang masih melanjutkan seri satria baja hitam yang sudah dikenal masyarakat Indonesia.

Kotaro Minami aka Satria Baja Hitam Sources : Brilio.net
Kotaro Minami aka Satria Baja Hitam Sources : Brilio.net

11 Tahun berselang, barulah muncul seri kamen rider yang baru, yaitu Kamen Rider Kuuga. Desain kamen ridernya terlihat lebih segar, memang masih menampilkan unsur hewan serangga sebagai motifnya, tapi dari segi warna makin beragam, karena kuga ini bisa berubah ubah warna dari merah,biru,hijau,ungu dan hitam. Konsep baru yang tidak ada di kamen rider era showa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x