Mohon tunggu...
Yudi Rahardjo
Yudi Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis

Jika hidup hanya sekedar hidup maka monyet di hutan juga hidup, jika hidup hanya sekedar makan maka babi hutan juga selalu makan untuk hidup, hiduplah agar bisa berguna dan memberi inspirasi bagi orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Mengenal Ruang Lingkup Studi Teknik Kimia

16 Juni 2019   11:25 Diperbarui: 17 Juni 2019   16:42 0 9 3 Mohon Tunggu...
Mengenal Ruang Lingkup Studi Teknik Kimia
Sources: freepik.com

Menyikapi banyaknya para calon mahasiswa yang bingung dengan program studi atau jurusan yang nanti akan dipilihnya di perguruan tinggi, saya mencoba memberikan sedikit gambaran tentang salah satu program studi yang cukup diminati akan tetapi setelah masuk malahan banyak yang merasa "salah jurusan". Jurusan atau program studi tersebut adalah teknik kimia.

Apa itu teknik Kimia?

Teknik kimia adalah salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang rekayasa di bidang kimia yang dapat mengubah benda sampai struktur molekul penyusunnya,dengan pengaplikasian ilmu fisika, matematika, dan sedikit kimia.

Benar, kimia hanya menjadi dasar disini, kemampuan yang dibutuhkan lebih  dalam perkuliahan di teknik kimia adalah kemampuan di mata pelajaran fisika dan matematika, atau setidaknya menyukai kedua mata pelajaran tersebut. Jika merasa mempunyai kemampuan lebih dan menyukai kimia maka teknik kimia bukanlah pilihan yang tepat.  

Apa beda Teknik Kimia, Kimia, Pendidikan Kimia?

Dasar ilmunya sama yaitu kimia, tapi ketiganya ini berbeda, kita analogikan secara sederhana saja, misalnya dari sebuah jeruk akan dibuat jus jeruk, tentunya butuh bahan dan alat, juga memerlukan berbagai proses untuk melaksanakannya, jadi yang dipelajari program studi kimia adalah bagaimana proses membuat jeruk menjadi jus jeruk, mereka juga belajar jeruk mana yang bisa menghasilkan jeruk yang yang lebih enak, lebih bergizi.

Tetapi mereka tidak memperhitungkan bagaimana biaya yang dibutuhkan untuk membuat jus jeruk apakah sebanding dengan harga jual jus jeruk yang akan dijual nantinya, orang Kimia lebih fokus pada pengkajian secara ilmiah (scientific).

Sedangkan pendidikan Kimia, tentu saja karena mereka nantinya akan mengajar sebagai guru, mereka hanya mempelajari secara garis besarnya saja, mungkin cuma belajar apa itu jeruk, apa itu jus jeruk, proses jeruk menjadi jus jeruk secara umum, tidak secara mendalam seperti Kimia, karena tujuan akhirnya adalah mengajar (education) kepada tingkat yang ada dibawah, maka pengetahuan secara umum sudah cukup.

Teknik Kimia belajar seperti layaknya orang Kimia, tetapi mereka belajar pula mereka jeruk mana yang bisa menghasilkan jus terbaik, mereka juga belajar bagaimana merekayasa (engineering) proses yang terjadi supaya didapatkan hasil yang optimum (biaya murah, harga jual mahal).

Rekayasa prosesnya ini meliputi berbagai macam, bisa dari jenis jeruknya, jenis gulanya, lama memblendernya, jenis blendernya, banyaknya jeruknya, berapa banyak yang dihasilkan? apakah sudah untung atau belum, sampai pula ada ekonominya, karena memperhitungkan berapa harga yang sesuai untuk jus jeruk tersebt sehingga dapat memberi keuntungan dan menutup biaya produksi.

Teknik kimia lebih fokus ke industri, wajar saja memang karena tugas akhirnya juga adalah pra rancangan pabrik kimia, dimana ada banyak aspek yang perlu dipelajari dan diperhatikan dalam merancang berjalannya suatu pabrik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
16 Juni 2019