Mohon tunggu...
Yudi Kurniadi
Yudi Kurniadi Mohon Tunggu... Tukang Las Setengah Hati

Menulis apa saja yang dilihat, didengar, dibaca dan disukai, dari sudut pandang amatir dan medioker. Here We Go!

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Mencicipi Singkong Saus Gula Merah di Menu Berbuka Puasa Hari Pertama

24 April 2020   19:40 Diperbarui: 24 April 2020   19:40 1827 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mencicipi Singkong Saus Gula Merah di Menu Berbuka Puasa Hari Pertama
Singkong saus gula merah. (Dokpri)

Pertama-tama kita ucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, kita semua bisa kembali ke bulan Ramadan yang penuh berkah dan ampunan. Meskipun saat ini kita tengah menghadapi pandemi Covid-19, namun itu tidak menjadi halangan untuk melakukan ibadah puasa di bulan ini.

Adanya anjuran dari pemerintah terkait tradisi 'ngabuburit' agar tidak dilakukan/dilarang, hal ini untuk menjaga makin menjangkiti virus Corona itu. Mungkin pada hari pertama Ramadan ini, para ibu rumah tangga hingga kawula muda akan kebingungan dengan menu berbuka puasa yang asyik dan bisa diolah dari rumah, kost dan mes tempat bekerja.

Berbuka puasa idealnya dimulai dengan makanan yang manis. Selain sunah Nabi, makanan manis bisa mengembalikan energi yang terkuras selama berpuasa seharian.

Kurma, es buah, teh manis mungkin sudah biasa disantap. Kali ini saya mencoba membuat olahan yang berbahan dasar singkong, karena kebetulan ada yang ngasih singkong dan nampaknya saya tergoda untuk membuat olahannya.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah mencari sumber lain untuk resep soal singkong, tidak lupa juga mencari di mbah google saya fokus mencari pendapat para ahli makanan...wkwk. Ternyata banyak sekali olahan singkong tersebut yang unik dan menarik serta kelihatannya begitu lezat untuk disantap pada menu berbuka puasa hari pertama ini.

Setelah saya membaca beberapa artikel tentang olahan singkong, ternyata ada yang menarik minat saya untuk membuatnya, selain itu juga mudah diolahnya karena tidak banyak bumbu yang dipakai, maklumlah ya sebagai orang yang sedang diperantauan dan jauh dari rumah, hal praktis adalah sebuah pelarian.

Namanya, Singkong Saus Gula Merah. Ternyata resep singkong tidak melulu harus direbus atau digoreng, gaes. Singkong juga ternyata bisa kita buat berbalur saus yang bisa menambah kelezatan teksturnya.

Resep olahan singkong bersaus macam ini ada dua varian yang temukan dan menarik minat saya (ada yang pakai santan dan tidak alias lebih praktis). Namun keduanya bisa kita buat dengan mudah.

*Untuk varian pertama yang menggunakan santan dan memiliki nama Singkong Saus Gula Merah Santan.

Bahan-bahan yang digunakan:

150 gr gula merah
600 ml air putih
700 gr singkong
4 lembar daun pandan
300 ml santan cair
1 sdt tepung maizena
garam secukupnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN