Mohon tunggu...
Yudi Kurniadi
Yudi Kurniadi Mohon Tunggu... Blogger

Menulis sajalah. Apa yang dilihat, didengar, dibaca dan disukai. Here We Go!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Klub, Pemain dan Penggemar Serie A Mengumpulkan Jutaan Euro untuk Melawan Covid-19

20 Maret 2020   20:47 Diperbarui: 20 Maret 2020   20:55 26 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Klub, Pemain dan Penggemar Serie A Mengumpulkan Jutaan Euro untuk Melawan Covid-19
Skuat Inter Milan menyumbang 500.000 euro untuk melawan Covid-19. (Inter.it)

Klub, pemain, dan penggemar sepak bola di Italia telah mengumpulkan jutaan euro untuk untuk membantu para petugas medis yang berjuang merawat pasien virus corona yang mematikan.

Kamis (19/3) adalah salah satu hari paling suram bagi Italia dalam melawan Covid-19 ketika jumlah kematian meningkat menjadi 3.405, menyusul Cina sebagai jumlah kematian tertinggi akibat penyakit tersebut di satu negara.

Serangkaian penggalangan dana oleh klub, pemain, dan pemilik klub telah turut membantu melawan krisis yang dirasakan di setiap tingkat masyarakat Italia.

Seperti halnya klub AS Roma mengirimkan 8.000 pasang sarung tangan pelindung dan 2.000 botol sanitiser ke gereja-gereja di sekitar ibukota Italia, Roma.

Selain itu ,mereka pun mendistribusikan kembali kepada warga yang paling membutuhkan, tak ketinggalan klub dari kota mode, Inter Milan menyumbangkan 300.000 masker wajah ke departemen kesehatan masyarakat.

Para pemain dan staf tim utama di Inter telah menyumbang 500.000 euro atau sekitar RP 8 milyar, sementara penggalangan dana yang dilakukan oleh Roma, Milan, Juventus dan Fiorentina masing-masing telah mengumpulkan lebih dari 420.000 euro.

Penggalangan dana tersebut awalnya diinisiator oleh Lazio yang menyoroti pentingnya orang-orang untuk memeriksa kesehatannya, meyakinkan penduduk untuk tetap tinggal dirumah.

Bahkan ada salah satu pemain yang berada di garis depan dalam hal penggalangan dana. Yakni, striker Milan Zlatan Ibrahimovic yang meluncurkan kampanye "Kick the Virus Away" , sebagai langkah awal ia menyumbang 100.000 euro, dan dananya saat ini telah melewati angka 250.000 euro.

Hal yang sama dilakukan oleh striker SPAL Andrea Petagna, kapten Napoli Lorenzo Insigne, pemain depan Torino Simone Zaza dan pemain sayap Juventus Federico Bernardeschi, telah mengumpulkan atau menyumbangkan lebih dari 430.000 euro.

Mantan pemain depan Roma dan Italia, Francesco Totti juga ikut serta, menyumbangkan 15 mesin perlengkapan medis untuk rumah sakit di Roma.

Kontribusi terbesar datang dari dua nama terbesar di Italia. Mantan perdana menteri Silvio Berlusconi, pemilik klub Seri C Monza dan mantan presiden Milan, memberikan sumbangan 10 juta euro ke wilayah Lombardy pada hari Selasa (17/3) lalu untuk membantu membangun unit perawatan intensif dengan 400 tempat tidur.

Keluarga Agnelli, pemilik Juventus dan Grup Fiat Chrysler, menyamai jumlah tersebut untuk mendukung layanan kesehatan nasional, sementara Juve mengumumkan bahwa perusahaan induk keluarga Exor sedang dalam proses membeli 150 respirator baru untuk rumah sakit Italia.

Minggu ini jumlah kasus virus corona di antara para pemain Serie A naik menjadi 13 ketika Blaise Matuidi (Juventus) dan Mattia Zaccagni (Hellas Verona) dinyatakan positif.

VIDEO PILIHAN