Mohon tunggu...
Yudi Kresnasurya
Yudi Kresnasurya Mohon Tunggu... PRIBADI BIASA

BERSYUKURLAH MAKA ENGKAU BAHAGIA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Belajar dan Terus Belajar

15 April 2021   14:43 Diperbarui: 15 April 2021   14:43 22 2 1 Mohon Tunggu...

Manusia memang harus belajar untuk mengetahui berbagai kelemahan yang ada pada dirinya. Selain itu dengan belajar, manusia dapat membedakan dirinya dengan mahluk lainnya karena manusia dikaruniai pikiran untuk bertambah maju. Semangat belajar yang tidak pernah surut harus selalu ditanamkan dalam hati setiap manusia.

Belajar sebenarnya adalah kebutuhan pokok yang harus dilakukan oleh setiap orang. Tanpa belajar, orang akan tertinggal dan tertindas oleh zaman. Belajar di sini tentu tidak berarti secara formal saja. Belajar disini adalah seluruh kegiatan dalammrangka mencari dan memperoleh ilmu serta bisa mengaplikasikannya. Tidak mesti belajar yang njlimet, tetapi disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan. Belajar juga tidak harus memperoleh gelar, namun yang paling penting dengan belajar seseorang dapat menjadi lebih bijak dan mengetahui secara jelas maksud dan tujuan hidup di dunia. Bahkan belajar bisa dari mana saja termasukd ari pengalaman diri sendiri, yang terpenting adalah manfaat yang bisa diambil dan diberikan dari hasil belajar.

Banyak orang kemudian terjebak dengan belajar secara formal apalagi di zaman teknologi yang serba maju ini. Padahal banyak orang-orang sukses di dunia memiliki pendidikan formal yang sangat terbatas. Namun demikian bukan berarti pembelajarn formal lantas ditinggalkan juga. Maksudnya adalah pendidikan formal tentu saja penting apalagi di zaman yang serba canggih, namun pembelajarn formal harus didukung oleh pembelajaran-pembelajaran jenis lain, agar manusia tidak seperti robot yang hanya bergerak sesuai dengan sistem yang sudah dibuat saja.

Belajar yang benar akan menghasilkan manusia yang benar / bermanfaat, karena tidak sedikit manusia yang sudah merasa dirinya pintar melakukan perbuatan-perbuatan yang melanggar. Tentu saja ini bukan hasil belajar yang benar, bisa jadi pembelajaran yang dilakukan oleh orang-orang tersebut tidak dilandasi dengan niat yang baik serta pengaruh --pengaruh lainnya yang membuat orang-orang tersebut melakukan pelanggaran-pelanggaran. Selain itu mereka juga bisa dibilang belum selesai dalam belajarnya namun merasa sudah mencapai titik puncak pembelajaran.

Dalam Islam, manusia diharuskan terus belajar mulai dari lahir hingga wafat. Belajar bisa dari siapa saja, namun tentu kita harus berusaha mencari guru-guru yang bijak yang dapat mengajarkan kita nilai-nilai kebajikan bukan hanya sekedar mentransfer ilmu. Jadi belajarlah dan terus belajar.

VIDEO PILIHAN