Yudi Kresnasurya
Yudi Kresnasurya Administrasi

BERSYUKURLAH MAKA ENGKAU BAHAGIA

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

"Natunajek", Inovasi Masyarakat Natuna

10 Mei 2019   10:24 Diperbarui: 10 Mei 2019   11:11 28 0 0
"Natunajek", Inovasi Masyarakat Natuna
tangkapan layar pada aplikasi natunajek

Natuna merupakan salah satu kabupaten yang berada di ujung perbatasan Negara Indonesia, tepatnya berada di antara Malaysia Barat dan Malaysia Timur bila di lihat dalam peta. Natuna merupakan daerah kepulauan, dimana pulau yang dimiliki sebanyak 154 pulau namun hanya 27 pulau yang dihuni. 

Bila ditinjau dari segi kategori pulau maka semua pulau di Natuna masuk ke dalam kategori pulau -- pulau kecil. Luas Kabupaten Natuna adalah 2.009,85 Km2 namun demikian luas daratan yang ada hanya sekitar 1 %, sedangkan sisanya berupa perairan (laut). Kabupaten Natuna masuk ke dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Sebagai daerah yang jauh dari pusat pemerintahan baik pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi, Kabupaten Natuna dianggap masih termasuk daerah yang tertinggal dibandingkan dengan daerah -- daerah lainnya. 

Hal ini bisa dilihat dari kondisi infrastruktur dan keadaan masyarakat yang ada di Natuna. Namun demikian dalam beberapa tahun belakangan ini, Pemerintah Pusat mulai menggalakkan pembangunan dari daerah pinggiran, sehingga Natuna termasuk salah satu daerah yang paling disorot untuk cepat dikembangkan. 

Hal ini bisa dilihat sekarang dimana berbagai fasilitas dasar yang sangat penting dalam menunjang pembangunan dan menggerakkan ekonomi di Natuna dibangun dan mulai dirasakan manfaatnya. Jalan utama yang mengelilingi Pulau Bunguran sebagai pulau utama hampir rampung. 

Dahulu jalanan beraspal hanya ada di sekitar Kota Ranai sebagai Ibukota Kabupaten Natuna dan beberapa tempat lain, namun kini jalan -- jalan hot mix dan cukup lebar mulai tersambung mengelilingi pulau utama. 

Listrik PLN yang dahulu hanya dinikmati penduduk di Kota Ranai dan sekitarnya, kini sudah masuk ke pelosok -- pelosok desa, serta yang masih baru dan sangat dirasakan manfaatnya adalah hadirnya internet dengan kecepatan tinggi (4G) di Natuna, dimana dahulu untuk berselancar di dunia maya masih sangat susah karena jaringan yang ada hanya 2 G, itu pun sering teputus.

Hadirnya internet dengan kecepatan tinggi, membuat masyarakat Natuna semakin bergairah. Berbagai inovasi pun dicoba diciptakan oleh masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten Natuna. Pemerintah Kabupaten Natuna berhasil membuat aplikasi SIKEKAH secara online untuk pemantauan kedispilinan dan kinerja PNS. 

Kini masyarakat umum di Natuna juga disuguhi oleh layanan antar jemput secara online yang diberi nama NatunaJek. NatunaJek sudah tersedia di play store. Layanan NatunaJek memang mirip dengan layanan seperti Go-Jek ataupun Grab namun belum sekomplit mereka, namun Go-Jek dan Grab tidak hadir di Natuna. 

Sementara ini NatunaJek hanya melayani antar jemput penumpang, antar jemput barang, dan pesan antar makanan, serta ada yang istimewa di NatunaJek yaitu adanya layanan tur wisata di Natuna. Dalam aplikasi ini disediakan informasi dan foto -- foto keindahan alam Natuna sehingga konsumen bisa memilih paket wisata yang dinginkannya  

Memang tantangan NatunaJek di Natuna terlihat lebih berat karena hampir seluruh masyarakat Natuna memiliki kendaraan sendiri di rumahnya masing -- masing, bukan karena masyarakat Natuna semuanya kaya, namun memiliki kendaraan sendiri minimal sepeda motor dianggap sebagai kebutuhan pokok. 

Namun demikian semangat berinovasi masyarakat Natuna dengan memanfaatkan fasilitas yang ada harus sangat dihargai dan didukung. Sebagai masyarakat yang jauh dari kota -- kota besar, sebenarnya masyarakat Natuna tidak kalah pandai apalagi bila fasilitas yang diberikan memadai bagi mereka. 

Semoga semakin banyak inovasi -- inovasi muncul dari kreativitas masyarakat maupun Pemerintah Natuna terlebih dalam menghadapi era milenial sekarang.