Mohon tunggu...
Yudhistira Widad Mahasena
Yudhistira Widad Mahasena Mohon Tunggu... Desainer - Designer, future filmmaker, K-poper, Eurofan.

He/him FDKV Widyatama '18

Selanjutnya

Tutup

Music

K-Pop 2022 Tidaklah Beres

9 Desember 2022   19:47 Diperbarui: 9 Desember 2022   19:52 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan banyaknya berita idol K-pop keluar dari grup atau grupnya bubar, kita setuju bahwa 2022 adalah salah satu tahun terburuk bagi K-pop. Menyusul berita Jinni keluar dari Nmixx dikarenakan masalah pribadi, yang mirip berita keluarnya Songyee dari woo!ah! dua tahun yang lalu, kita tidak dapat menghitung lagi berapa banyak berita buruk yang melanda K-pop tahun ini.

Saya dapat merangkum 22 kejadian terburuk yang menimpa K-pop tahun 2022, tanpa urutan tertentu:

1. April bubar
Yang ini membuat saya berlinang air mata awal tahun ini. Tahun lalu, April satu grup dituduh melakukan bullying terhadap mantan anggota mereka, aktris Lee Hyunjoo. Walaupun semua anggota telah keras membantah tuduhan tersebut, perang kebenaran tetap berlanjut, dan pada 28 Januari 2022, DSP Media mengumumkan April resmi bubar.

Ini membuat saya sangat sedih, karena saya pernah mengalami fase menjadi haters April selama 6 bulan sebelum akhirnya insyaf dan menyesal. Satu-satunya cara saya re-stan April yaitu nge-ship mereka dengan Astro. Bahkan selama paruh kedua tahun lalu saya banyak membicarakan AsPril (Astro dan April), sampai ingin Eunwoo dan Naeun menjadi MC Eurovision Song Contest 2023 di Liverpool, Inggris. Harus mereka yang ngemsi atau saya tidak akan menonton Eurovision tahun depan.

Saat ini semua anggota April ada di agensi yang berbeda:
1. Chaekyung: Management AM9
2. Chaewon: Janggoon Entertainment
3. Naeun: Namoo Actors
4. Yena: Starbase Management Group
5. Rachel: tetap di DSP Media
6. Jinsol: Story N Plus

Namun lewat pengalaman jadi haters April tersebut, saya belajar untuk tidak cepat menghakimi tanpa mengetahui kronologis sebenarnya.

2. Minchan Verivery dikritik karena melakukan judging terhadap visual seorang idol K-pop perempuan, yang membuatnya meminta maaf
Mungkin di antara Anda tidak tahu siapa Verivery, tetapi sebagaimana saya katakan, tidak semua orang tahu dan harus tahu tentang K-pop. Tetapi jika ada di antara Anda yang Verrer (penggemar Verivery), anggota mereka, Minchan, pernah dikritik karena melakukan judging terhadap visual seorang idol K-pop perempuan yang tidak disebutkan namanya. Minchan menyebut si idol ini visualnya "tidak terlalu menonjol" dalam sebuah sesi live streaming di V Live, yang sekarang sudah bergabung dengan Weverse.

Sontak, hal ini menuai pro-kontra dari warganet Korea, dan akhirnya Minchan meminta maaf karena tingkahnya di V Live.

3. Douhyun Mirae terang-terangan mengejek Tsuki Billlie, yang memaksanya meminta maaf secara terbuka dan resmi
Siapa yang tidak kenal Mirae. Mereka terdiri atas Lien, Junhyuk, Douhyun, Khael, Dongpyo, Siyoung, dan Yubin, dan debut pada Maret 2021 di bawah asuhan DSP Media. Semuanya ganteng dan berbakat musik, nyaris sempurna.

Namun ganteng tidak menjamin kebaikan hati. Salah satu anggotanya, yakni Douhyun, pernah secara terang-terangan mengejek ekspresi wajah Tsuki Billlie di lagu mereka yang berjudul "Gingamingayo", ketika sedang melakukan live streaming di V Live saat bepergian. Hal tersebut disambut tawa lepas dari Khael.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun